Kajati Anugerahi Bupati Gowa Penghargaan Role Model Kepala Daerah
axel wiryanto
Rabu, 27 Maret 2024 03:38 am
dibaca 27 kali

GOWA,  BKM — Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Leonard Eben Ezer Simanjuntak menganugerahi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, sebuah penghargaan berupa role model kepala daerah. 
Penghargaan ini diberikan Kajati Sulsel karena Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini dianggap sebagai kepala daerah yang berperan aktif dan sinergis serta berkontribusi dalam peningkatan sarana pendukung pelaksanaan tugas dan fungsi kejaksaan di Sulawesi Selatan khususnya pada Kejaksaan Negeri Gowa.
Penghargaan itu diserahkan Kajati Leonard Eben Ezer Simanjuntak disaksikan Wakil Kajati Sulsel, Zet Tadung Allo dalam kegiatan Pra Musrenbang wilayah Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan 2024 di Sandeq Ballroom, Hotel Claro Makassar, Jumat (22/3). 

Atas penghargaan tersebut, Adnan pun menyatakan sangat bersyukur. Karena Kejaksaan mempercayakan dirinya meraih penghargaan ini. Menurut Adnan, penghargaan tersebut berkat kolaborasi dari seluruh pihak yang ada termasuk Kejari Gowa. 
Dikatakan Adnan, Pemerintah Kabupaten Gowa selalu bersinergi dengan Forkopimda. Termasuk dengan kejaksaan salah satunya mendukung program pembangunan yang dicanangkan kejaksaaan. Seperti pembangunan balai diklat dan rumah sakit yang rencananyadibangun di Kabupaten Gowa. 
“Begitu kami mendapatkan kabar bahwa kejaksaan akan membangun pusat Diklat dan juga rumah sakit Kejaksaan di Sulawesi Selatan, maka kami yang menghadap langsung dan siapkan lahannya untuk dibangun di Kabupaten Gowa. Karena nantinya ini akan menjadi pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Gowa khususnya masyarakat sekitar pembangunan,” kata Adnan. 
Kesiapan dan kesigapan Pemkab Gowa dalam mendukung program sosial Kejaksaan diapresiasi penuh kejaksaan tinggi. Seperti dikatakan Plh Kajati Sulsel, Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

Leonard mengatakan, seluruh kepala kejaksaan di kabupaten/kota harus mampu bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah masing-masing. 
Salah satu contoh yang harus diambil di daerah Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Luwu Timur yang saat ini menjadi role model dalam keterlibataannya dalam mendukung sarana dan prasarana Kejaksaan. 
”Bupati dan wali kota yang hadir hari ini merupakan kepala daerah yang selalu menunjang sarana dan prasarana di kejaksaan. Shingga daerah lain harus mencontoh dan juga perlu berkolaborasi dengan pemerintah setempat. Misal Gowa yang memberikan hibah lahan untuk membangun rumah sakit Adhyaksa dan balai diklat Kejaksaan Tinggi Sulsel nantinya,” kata Leonard. 
Leonard juga meminta agar usulan program yamg dimasukkan sejalan dengan prioritas nasional seperti infrastruktur, penguatan SDM dan Iptek, serta reformasi struktural berkelanjutan.
Sehingga ke depan, Kejaksaan Tinggi Sulsel mampu mewujudkan transformasi penegakan hukum modern menuju Indonesia Emas 2045. 
Dalam kegiatan tersebut, selain bupati Gowa, juga hadir Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, dan Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa. Juga hadir pada Kajari Se-Sulsel. (sar)

source