Soal Truk, Dishub Sulsel Akan Bahas Bersama Kabupaten/Kota
axel wiryanto
Kamis, 02 Maret 2023 20:53 pm
dibaca 153 kali

MAKASSAR, BKM — Truk berukuran besar yang seolah bebas beroperasi di jalan-jalan utama atau jalan protokol maupun jalan arteri di wilayah Mamminasata
(Makassar, Maros, Sungguminasa Gowa dan Takalar) pada siang hari, membuat resah masyarakat pengguna jalan.

Pasalnya, tak sedikit truk-truk tersebut yang dikemudikan secara ugal-ugalan, sehingga membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya.
Kepala Dinas Pehubungan Provinsi Sulsel, Muhammad Arafah yang dikonfirmasi terkait hal ini mengaku, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan kabupaten/kota dan pihak terkait lainnya untuk memastikan kembali soal aturan pembatasan jam operasional truk.
“Dalam waktu dekat kita memang akan melakukan rapat koordinasi untuk memastikan kembali jam operasional truk. Kita akan coba bahas lewat forum nanti. Kita cari waktu yang tepat dulu dalam waktu dekat ini,” kata Arafah, Rabu (1/3).
Menurut Arafah, jam operasional truk memang sebaiknya tidak di siang hari.

“Kan masing-masing kabupaten/kota itu sebenarnya sudah ada aturannya soal jam operasional truk itu. Kita sebenarnya punya harapan yang sama dengan harapan masyarakat juga, bahwa siang hari itu truk tidak usah beroperasi di kota,” imbuhnya.
Kalau pun terpaksa harus beroperasi karena beberapa alasan, lanjut Arafah, maka seharusnya dibatasi pada waktu dan jalur tertentu saja.
“Misalnya seperti di luar jam kerja atau jam-jam sibuk sebaiknya jangan dulu beroperasi . Kan bisa saja pagi dan sore tidak beroperasi, tapi siang di jam tertentu bisa beroperasi, kemudian sore berhenti lagi, dan malamnya baru bisa lanjut operasionalnya,” ucapnya.

The post Soal Truk, Dishub Sulsel Akan Bahas Bersama Kabupaten/Kota appeared first on Berita Kota Makassar.

source