BPBD Gelar Rapat Simulasi Kesiapsiagaan Bencana
axel wiryanto
Sabtu, 20 April 2024 20:25 pm
dibaca 11 kali

MALILI, BKM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur bekerjasama dengan TP-PKK Lutim menggelar rapat kesiapsiagaan terhadap bencana sekaligus Pembahasan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang berlangsung secara daring dan Luring di ruang Aula Media Center Diskominfo-SP, Kamis (18/4).

Kegiatan tersebut dibuka Kepala pelaksana BPBD Lutim, H April didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Sofyan Bahar beserta narasumber secara daring, Jasmani Ghadi dan Achmad Syarif Sady.
Turut dihadiri Perwakilan Para Kepala OPD Lingkup Pemkab Lutim, Perwakilan Polres Lutim, Perwakilan PMI Lutim, Basarnas Lutim dan Pengurus TP-PKK Kabupaten Lutim.

Kepala pelaksana BPBD Lutim, dr. H. April dalam sambutannya menyampaikan bahwa, tujuan dilaksanakannya rapat ini untuk menyiapkan diri dalam mengantisipasi bencana alam yang akan terjadi.

“Tujuan rapat adalah mengantisipasi bencana alam seperti longsor dan banjir, tidak hanya itu kita juga turut melakukan simulasi bencana gempa bumi dikarenakan wilayah Kabupaten Luwu Timur berada tepat di sesar Matano yang bisa saja terjadi kapan saja di Bumi Batara Guru kita ini kedepannya,” ungkap dr. April.

“Kita akan membagi peran kita masing-masing agar terbangunnya kolaborasi yang baik saat dilakukan simulasi yang akan dilaksanakan di lapangan merdeka,” kata dr. April.
Dia menambahkan, topik simulasi yang akan dilakukan yakni; Rapat koordinasi stakeholder dan penetapan status TDB gempa bumi, Evakuasi korban reruntuhan, penanganan luka berat patah tulang dan rujukan korban, pengamanan lokasi kejadian dan lokasi pengungsian, pengamanan, pejarahan, dan korban histeris serta Pembangunan tenda pengungsian. (rls)

source