Rauf Ingatkan ASN Harus Loyal, Rajin dan Bekerja Sesuai Aturan
axel wiryanto
Sabtu, 20 April 2024 18:44 pm
dibaca 15 kali

GOWA, BKM — Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Abdul Rauf Malaganni, menegaskan kepada para ASN (Aparatur Sipil Negara), agar meningkatkan sikap tanggung jawabnya sebagai abdi negara.
Penegasan itu disampaikan Wabup Gowa saat memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) pada 17 April 2024 di lapangan upacara Pemkab Gowa.

Rauf Malaganni mengatakan, ASN harus patuh dan disiplin serta lebih meningkatkan rasa tanggung jawabnya.
”Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang disiplin ASN yang menyebutkan bahwa untuk menjamin terpeliharanya tata tertib dalam kelancaran pelaksanaan tugas, ASN wajib mematuhi aturan ketentuan mengenai disiplin ASN guna mewujudkan ASN yang berintegritas moral, profesional dan akuntabel,” kata Rauf.

Dikatakan Wabup, penegakan disiplin dapat mendorong ASN untuk lebih produktif berdasarkan sistem karir dan sistem prestasi kerja serta berintegritas adalah modal menjadi pertimbangan dalam pengembangan karir.
”Penjatuhan hukuman disiplin dimaksudkan untuk membina ASN yang telah melakukan pelanggaran agar yang bersangkutan mempunyai sikap menyesal dan berusaha tidak mengulangi serta memperbaiki diri pada masa yang akan datang. Selain itu, dalam peraturan pemerintah ini juga, secara tegas disebutkan jenis hukuman disiplin yang dapat dijatuhkan terhadap suatu pelanggaran berupa jenis hukuman disiplin ringan, sedang atau berat sesuai dengan berat ringannya pelanggaran yang dilakukan,” tegas Wabup.

Karena itu, momentum setelah Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah ini, diharapkan memberikan pengaruh yang baik terhadap kedisiplinan ASN Pemerintah Kabupaten Gowa.
”Setelah kita melaksanakan ibadah pada bulan suci Ramadan, hendaknya ibadah yang kita laksanakan menjadi sarana untuk evaluasi diri. Supaya kita dapat mengetahui apakah Ramadan membawa perubahan ke arah lebih baik atau sebaliknya,” kata Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio.
Rauf pun menegaskan agar para ASN selalu memegang tiga prinsip, yaitu loyal kepada pimpinan, rajin dan disiplin serta bekerja sesuai aturan. (sar)

source