Harmoni di Inaugurasi Hima BK FIP UNM
axel wiryanto
Senin, 29 April 2024 20:01 pm
dibaca 21 kali

MAKASSAR, BKM — Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (Hima BK FIP UNM) bersama mahasiswa BK Angkatan 2022 menyelenggarakan inaugurasi dalam bentuk seminar pendidikan dengan tajuk Harmoni (Hari Aksi Responsif Terhadap Masalah Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan Indonesia).

Kegiatan yang mengusung tema Asa Masih Ada: Berantas Kekerasan Seksual dalam Lingkup Satuan Pendidikan, bertujuan untuk membangkitkan semangat dan harapan guna menumpas kasus kekerasan seksual pada satuan pendidikan Indonesia. Kasus kekerasan seksual yang marak terjadi, namun masih menjadi fenomena gunung es.

Hanya sedikit kasus yang terungkap dibanding kasus yang sebenarnya terjadi. Sementara pelaku bisa dari pihak terdekat.
Pemateri dalam kegiatan ini, diantaranya dari Pemprov Sulsel, penyuluh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulsel, kepala UPT Layanan Bina Karya UNM, serta Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) UNM.

Prof. Dr. Abdul Saman, M.Si. Kons selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar membuka acara ini. Inaugurasi ini berhasil mengukuhkan angkatan responsif 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (21/4) di Ballroom Teater Menara Phinisi UNM ini tak hanya berisi seminar pendidikan. Ada pula penampilan kesenian seperti angngaru, tarian, flashmob serta mini drama yang juga bertemakan kekerasan seksual yang terjadi di satuan pendidikan.
Ketua Umum HIMA BK FIP UNM Akbar Gibran Yusri, berharap kegiatan ini dapat menginspirasi banyak orang.
“Kami berharap kegiatan yang kami laksanakan dapat menginspirasi banyak orang untuk selalu berproses dalam membentuk pribadi menuju versi terbaiknya,” kata Akbar. (rls)

source