Adnan Sebut Bone dan Gowa Punya Hubungan Sangat Baik
axel wiryanto
Sabtu, 20 April 2024 01:57 am
dibaca 13 kali

GOWA, BKM — Revitalisasi kompleks makam Arung Palakka yang terletak di Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel, akhirnya diresmikan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, Rabu siang (17/4).
Diakui Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, makam Arung Palakka yang ada di Kabupaten Gowa ini bukanlah aset Gowa. Namun menjadi kawasan situs sejarah dan budaya yang kini menjadi bagian dari Kabupaten Gowa disebabkan berada di Gowa.

Apalagi dalam kompleks makam Raja Bone tersebut, juga terdapat makam Karaeng Pattingalloang yang merupakan jejak leluhur Kerajaan Gowa.
Adnan pun mengapresiasi kegiatan peresmian tersebut. Bahkan sangat berterimakasih kepada jajaran Polda Sulsel disebabkan jajaran Polda dan Polres Gowa yang menginisiasi revitalisasi makam tersebut dan didukung sepenuhnya Pemerintah Kabupaten Gowa.

”Meski makam ini bukan aset dari Pemerintah Kabupaten Gowa, namun atas nama pemerintah dan masyarakat kami menyampaikan rasa bangga dan terimakasih yang setinggi-tingginya. Karena makam ini telah direvitalisasi oleh bapak Kapolda bersama jajaran. Termasuk jajaran Polres Gowa. Insya Allah kita adalah orang-orang yang tidak akan pernah melupakan sejarah dari kedua pahlawan ini. Karena kegigihannya mampu memerdekakan Republik Indonesia. Termasuk kita yang ada di Sulawesi Selatan ini,” kata bupati Gowa dalam prosesi peresmian tersebut.
Adnan menyebutkan, Gowa memiliki tiga pahlawan nasional, yakni Sultan Hasanuddin, Syekh Yusuf Tuanta Salamaka, dan Karaeng Pattingalloang. Karaeng Pattingaloang ini dikenal dengan kecerdasaannya dan merupakan ayah angkat dari Raja Bone Arung Palakka ini
”Hubungan antara Karaeng Pattingalloang dan Arung Palakka tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Ini sebagai tanda bahwa orang Bone dan Gowa memiliki hubungan sangat baik, sangat dekat, hubungan kekeluargaan yang baik. Semoga melalui peresmian revitalisasi ini persaudaraan kita semakin kuat untuk membangun Sulawesi Selatan dan Indonesia lebih baik dimasa akan datang,” kata Adnan.
Sementara itu, revitalisasi makam Arung Palakka yang dilakukan pihaknya, menurut Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, dilakukan untuk terus merawat situs atau wisata religi di Sulawesi Selatan. Salah satunya di Komplek Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingalloang Kabupaten Gowa ini.

”Tujuan utama revitalisasi ini adalah menumbuhkan nilai-nilai sejarah sekaligus meningkatkan informasi terkait kerajaan yang ada di Sulsel, agar generasi kita memiliki kebanggaan terhadap sejarah kepahlawanan kita,” kata Kapolda Sulsel.
Rangkaian peresmian ini dihadiri Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin serta Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin, Kapolres Gowa, AKBP Reonald TS dan jajaran Forkopimda Gowa lainnya.
Usai ziarah makam, Kapolda Sulsel bersama lainnya meresmikan pula Baruga Bhara Daksa. Sekaligus pemberian bingkisan kepada beberapa masyarakat sekitar. (sar)

source