Atto Ragukan FAS Gandeng Surianto di Pilwali
axel wiryanto
Minggu, 28 April 2024 15:33 pm
dibaca 14 kali

PAREPARE, BKM–Persaingan menuju kontestasi pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwali) Parepare cukup ketap.
Banyak tokoh dinilai layak untuk ikut berkompetisi setelah Dr H Taufan Pawe tidak lagi maju karena sudah memimpin selama dua periode.
Para tokoh itu, diantaranya politisi Golkar Erna Rasyid Taufan dan Kaharuddin Kadir, politisi NasDem Ahmad Faisal Andi Sapada,
Tasming Hamid dan Yaser Latif. Politisi Gerindra Surianto dan Kamaluddin Kadir, politisi Demokrat M Rahmat Syamsu Alam serta politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Musdalifah Pawe.

Selain itu, juga ada dua pengusaha masing-masing Muh Zaini dan Taqyuddin Djabbar.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Parepare Ahmad Faisal Andi Sapada (FAS) masih mendapat dukungan untuk kembali bertarung di Pilwali sebagai calon wali kota.
FAS yang juga dijuluki passongko cellae (akrab dengan ciri khas songkok merah,red), dikabarkan melirik politisi Gerindra Surianto yang juga merupakan seorang pengusaha.
Jika betul kedua putra terbaik kota ini berpasangan berarti mereka telah mengantongi 6 kursi untuk maju sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Parepare.
Diketahui, hasil pemilu legeslatif (Pileg) 14 Februari lalu, Partai NasDem meraih 3 kursi dan Partai Gerindra juga memperoleh 3 kursi.
Sementaram Sekretaris Jendral (Sekjen) Tim Pemenangan FAS, Ichal Atrishal menegaskan bila PAS siap ikut kontestasi dalam Pilwali nanti.
Ichal mengaku FAS telah mendaftar di PAN, PDIP dan Hanura.

Soal wacana FAS untuk menggandeng Surianto yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerinda Parepare ini belum mendapat klarifikasi.
Hingga kini Surianto masih terkesan adem, belum ada baliho maupun poster-poster yang dipasang tertulis calon wali kota atau wakil wali kota.
Selama ini Surianto hanya memasang spanduk yang berisikan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.
Sementara M. Rahmat Syamsu Alam yang juga Wakil Ketua 2 DPRD Parepare yang diminta tanggapannya terkait wacana Surianto mendampingi FAS, sedikit skeptis.
“Rugi kalau Pak Surianto jadi wakil, “ujar Atto-panggilan akrab M. Rahmat Syamsu Alam yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Parepare itu, Kamis, (18/4) lalu. (mup/rif/c)

Tasming Sudah Mendaftar di Enam Parpol

POLITISI muda Partai NasDem Tasmin Hamid tidak mau ketinggalan dalam bersaing untuk mendapatkan dukungan dari partai politik menuju Pilwali Parepare 27 November mendatang.

Tasming yang juga Wakil Ketua I DPRD Parepare, telah menunjukkan keseriusannya untuk bertarung meski pada Pileg 14 Februari lalu, dirinya terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi selatan.

Kini Tasming telah mengambil formulir di beberapa partai yang telah membuka pendaftaran calon wali kota. “Semua partai yang buka pendaftaran kami mendaftar. Kalau tidak salah sudah ada enam partai yang sudah membuka pendaftaran,”jelas Tamsing Hamid, Jumat (26/4).
Jika hal ini sukses, maka dua politisi NasDem yakni Tasming Hamid dan FAS akan bersaing ketat mendapat dukungan DPP Partai NasDem.
Bakal calon lainnya, muncul pula nama Erna Rasyid Taufan Pawe yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Kota Parepare.

Erna Rasyid yang juga istri Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe juga sudah menyebut dirinya bakal maju di Pilwali melalui baliho yang terpasang di sudut-sudut kota dan di lokasi keramaian di kota ini.
Sekretaris DPW NasDem Sulsel Syaharuddin Alrif mengemukakan bila tidak mustahil jika FAS bisa dipaketkan dengan Tasming sepanjang elektoral keduanya sangat mendukung.
Sumber riil itu menyebutkan, agar masyarakat memiliki calon alternatif, selayaknya juga ada kandidat berlatarbelakang profesional, bukan hanya politisi dan pengusaha. (mup/rif/d)

Bakal calon wali kota dan wakil wali kota Parepare

1. Tasming Hamid (Nasdem)
2. Surianto (Gerindra)
3. Muh Zaini (Pengusaha)
4. Erna Rasyid Taufan (Golkar)
5. Faisal Ahmad Andi Sapada (Nasdem)
6. Rahmat Syamsu Alam (Demokrat)
7. Taqyuddin Djabbar (Pengusaha)
8. Yaser Latif (Nasdem)
9. Kaharuddin Kadir (Golkar
10. Kamaluddin Kadir (Gerindra)

source