Adnan Sampaikan Ucapan Terima Kasih
axel wiryanto
Rabu, 08 Mei 2024 20:39 pm
dibaca 17 kali

GOWA, BKM — Keberhasilan pembangunan sebuah daerah dibangun atas dasar kolaborasi seluruh elemen. Utamanya masyarakat sebagai kunci utama gerak pembangunan. 
Sinergitas yang dibangun pemerintah bersama elemen masyarakat serta stakeholder tentunya menjadi motivator. Sehingga perencanaan pembangunan daerah berjalan baik. 
Tak heran karena sinergi ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa masuk tiga besar Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 tingkat nasional yang diikuti 416 kabupaten di Indonesia.
Pengumuman dan pemberian penghargaan ini pada saat berlangsung Musrenbangnas yang digelar pemerintah pusat di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (6/5).
Atas raihan Terbaik 3 PPD Nasional itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pun menyampaikan rasa syukurnya atas predikat terbaik 3 yang diraih Gowa.
Selain rasa syukur, Adnan juga mengaku bangga sebab Gowa adalah satu-satunya kabupaten luar pulau Jawa yang meraih predikat terbaik dan berada di peringkat 3 dari 416 kabupaten yang masuk nominasi PPD 2024.

Rasa syukur dan bangga itu diakui bupati Gowa sebagai hasil dari upaya dan kerja keras seluruh pihak yang ada, khususnya seluruh jajaran Bappeda sehingga Kabupaten Gowa mampu meraih predikat Terbaik 3  Nasional PPD 2024 Kategori Kabupaten. 
Karena itu, Adnan Purichta Ichsan pun menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah berperan aktif dan partisipatif membantu pemerintah. Sehingga PPD 2024 diraih Kabupaten Gowa. 
”Atasnama Pemerintah Kabupaten Gowa, saya bersama pak Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat Kabupaten Gowa yang telah membantu dan mendukung penuh pemerintah kabupaten sehingga bisa berada pada peringkat Terbaik 3 PPD nasional ini. Dengan predikat ini berarti Pemkab Gowa dinilai mampu melakukan perencanaan pembangunan yang berkualitas, terukur dan inovatif yang berdampak baik terhadap kesejahteraan masyarakat,” papar Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. 
Penghargaan PPD 2024 diterima bupati Gowa dari Presiden RI, Joko Widodo berupa tropy dan piagam. 
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan juga mengatakan dalam PPD 2024 tingkat nasional ini, Pemkab Gowa mengusung inovasi Produktivitas Simultan (Proksi) Rumah Produktif.

Dimana, dalam program ini Pemkab Gowa memberikan ruang sebesar-besarnya kepada seluruh UMKM yang ada guna memaksimalkan usahanya dengan memberikan bimbingan dan pendampingan penuh kepada para pelaku usaha tersebut. 
Kehadiran Proksi Rumah Produksi ini, menurut bupati Gowa, telah memberikan peningkatan SDM serta peningkatan kualitas produksi UMKM. Pendampingan dan bimbingan yang diberikan kepada UMKM dalam operasional Rumah Produksi itu antara lain membimbing para pelaku usaha memaksimalkan hasil produksi, pengemasan, teknik pemasaran, cara mendapatkan modal melalui kerjasama perbankan serta cara join dengan market place atau market online seperti kerjasama Tokopedia, Shopee dan lainnya.

Selain itu, para pelaku usaha juga diajari dan dibimbing bagaimana cara memasarkan produksi secara online. Kesemua itu kata Bupati Gowa sebagai upaya pemerintah agar para pelaku usaha dapat maksimal menjalankan usahanya. 
”Tujuan utama pemerintah kabupaten dalam Rumah Produksi ini adalah agar para pelaku usaha betul-betul mampu berdiri mandiri dan mengelola usahanya dengan baik sehingga dampaknya adalah peningkatan kesejahteraan para pelaku usaha sendiri. Karena itu saya kembali ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas doa dan peran optimal yang telah dilakukan masyarakat bersama para stakeholder sehingga daerah kita ini (Gowa) meraih Terbaik 3 PPD Nasional 2024,” kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. 
Sekadar diketahui, penghargaan PPD 2024 Nasional ini adalah penghargaan ke-219. Masuknya PPD Nasional ini menambah koleksi penghargaan yang telah diterima Pemkab Gowa selama kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni di periode kedua ini. 
Penghargaan ini juga adalah apresiasi atas upaya Pemerintah Kabupaten Gowa dalam menghadirkan perencanaan yang sinkron antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk fokus, tepat sasaran dan strategis bagi kesejahteraan masyarakat. Adnan pun berharap predikat terbaik 3 ini bisa menjadi naik peringkat 2 bahkan  peringkat 1 di tahun 2025 mendatang. (sar)

source