25 Peserta Tes CAT Calon PPK Gowa Gugur Total
axel wiryanto
Kamis, 09 Mei 2024 15:05 pm
dibaca 16 kali

GOWA, BKM–Tes CAT atau Computer Assisted Tets yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari pertama dan hari kedua, Senin (6/5) hingga Selasa (7/5) di SMKN 4 Gowa di Kecamatan Pallangga telah usai.

Dari pelaksanaan ujian dua hari ini dengan jumlah peserta sebanyak 304 orang itu, dipastikan 25 orang diantaranya gugur total.
Sudah pasti gugur lantaran ke-22 peserta tersebut tidak ikut ujian hari pertama dan kedua.
Dalam pengamatan panitia pelaksana tes CAT yakni KPU Gowa, mendata sedikitnya 8 orang tidak hadir dalam ujian CAT hari pertama tersebut. Sedang pada hari kedua sebanyak 17 orang.

Ujian CAT ini diawasi langsung tim internal KPU Gowa serta Bawaslu dan pihak SMKN 4 Gowa.
Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Gowa Suardi Mansing, Senin (6/5) mengatakan, ujian ini secara total diikuti 304 peserta dari 18 kecamatan. Namun pada ujian hari pertama dan hari kedua tercatat 25 orang tidak hadir. Hal itu sudah dipastikan gugur. Sementara mereka yang ikut dan nilainya dinyatakan bersyarat maka akan mengikuti tes lanjutan yakni tes wawancara (tes akhir).
“Tes CAT ini menggunakan komputer dan tesnya secara online. Naskah soalnya langsung dari KPU RI. Naskah soalnya terkait kepemiluan yang meliputi teknis dan tata kerja, wawasan kebangsaan serta kemampuan dasar seperti logika dan lain-lain. Setelah ujian, peserta pun dapat langsung melihat hasil ujian mereka, ” jelas Suardi kepada BKM.

Menurut Suardi, pengumuman resmi hasil tes CAT dijadwal 9 Mei lusa, mengikuti tahapan rekrutmen, tapi hasilnya sudah bisa langsung diketahui oleh peserta sebagai bentuk keterbukaan dan akuntabilitas KPU dalam penyelenggaraan.
“Untuk PPK ini kita hanya butuhkan 90 orang karena satu kecamatan itu 5 PPK dan di Gowa ada 18 kecamatan. Tes PPK ini sudah berakhir dan kami akan langsung pleno hari juga untuk menentukan berapa orang yang bersyarat ikut tes lanjutan yakni tes wawancara. Yang lolos di tes wawancara ini itulah yang akan terpilih (90 orang), ” kata Suardi.
Sesuai tahapan rekrutmen PPK, maka mereka yang lulus tes akan diumumkan pada 15 Mei 2024 dan pelantikan pada 16 Mei 2024. (sar/rif)

source