Raih Terbaik 3, Gowa Satu-satunya Daerah Luar Jawa Masuk Tiga Besar PPD
axel wiryanto
Rabu, 08 Mei 2024 12:17 pm
dibaca 16 kali

GOWA, BKM — Luar biasa capaian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam upaya meraih penilaian terbaik Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 kategori Kabupaten.
Pasalnya, dari 416 kabupaten Se-Indonesia yang masuk nominasi dalam ajang itu, Kabupaten Gowa ternyata mampu masuk tiga besar dan meraih predikat Terbaik 3 PPD tahun 2024.

Penghargaan PPD 2024 tersebut, diserahkan langsung Presiden RI, Joko Widodo kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, selain dari Terbaik 1 dan 2 yang diraih kabupaten lainnya. Penyerahan penghargaan itu berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Centre (JCC), Senin pagi (6/5), pada Musrenbangnas 2024
”Alhamdulillah, Gowa berhasil menjadi peringkat tiga terbaik Penghargaan Pembangunan Daerah dari 416 kabupaten Se-Indonesia. Sebuah capaian yang luar biasa. Karena Gowa adalah satu-satunya daerah dari luar Pulau Jawa yang bisa masuk dalam tiga besar. Prestasi ini lahir dari arahan bapak bupati dan bapak wakil bupati yang selalu menekankan kolaborasi dan sinergitas dari stakeholder pembangunan,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Sujjadan yang dihubungi BKM via pesan WhatsApp, Senin siang sekitar pukul 12.47 Wita.

Dikatakan Sujjadan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas upaya Pemkab Gowa dalam menghadirkan perencanaan yang sinkron antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, fokus, tepat sasaran dan strategis bagi kesejahteraan masyarakat.
”Kita tidak menyangka masuk tiga besar dan berada pada peringkat tiga terbaik,” kata Sujjadan dari JCC Jakarta.
Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan, apa yang diraih hari ini dalam program PPD merupakan satu kebanggaan yang cukup tinggi. Adnan pun mengapresiasi partisipasi aktif seluruh stakeholder yang mengawal kegiatan PPD saat dilakukan verifikasi lapangan oleh tim PPD nasional beberapa bulan lalu.

Pada momen program PPD 2024 ini, Pemkab Gowa menampilkan inovasi Produktivitas Simultan (Proksi) Rumah Produktif.
”Kita semua bersyukur dan tentu ini berkat kerja keras semua pihak khususnya Bappeda dan seluruh pihak terkait serta doa restu seluruh masyarakat Gowa sehingga kita bisa meraih rangking tiga. Kalau tahun lalu kita rangking empat maka semoga tahun depan bisa naik satu tingkat atau dua tingkat lagi,” kata Adnan.

Presiden RI, Joko Widodo, dalam kegiatan itu mengatakan, dalam menyusun perencanaan pembangunan, keberlanjutan program sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan, termasuk pemerintah daerah harus menyinkronkan program dengan pemerintah pusat. Sehingga mampu berjalan beriringan dan dirasakan manfaatnya seluruh masyarakat.
”Programnya harus berkelanjutan, harus seirama. Jangan sampai pusat ke kanan daerah ke kiri. Misalnya pusat ingin meningkatkan produksi pangan tapi daerah malah konversi sawah menjadi properti. Itu tidak sinkron namanya. Kemudian program harus berorientasi hasil. Sehingga harus fokus dan jelas mana yang skala prioritas, jangan sampai anggaran dipakai untuk rapat dan studi banding yang kebanyakan,” tandas Joko Widodo. (sar)

source