Perubahan Seragam Sekolah tidak Urgen
axel wiryanto
Jumat, 19 April 2024 09:12 am
dibaca 11 kali

PENDIDIKAN merupakan aspek penting dan sangat fundamental dalam kemajuan bangsa dan negara. Sebab dari pendidikanlah akan lahir orang-orang hebat guna menuntun arah bangsa ke depan. Untuk itu kualitas pendidikan adalah hal yang harus senantiasa diperhatikan oleh pemerintah. Karena pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi yang baik pula.
Berkaitan dengan kebijakan perubahan seragam yang akan dilakukan oleh Kemendikbudristek adalah sesuatu yang mungkin saja baik ketika dilihat dari berbagai sisi dan berbagai sumber. Namun, apakah hal tersebut menjadi prioritas di tengah-tengah masih banyaknya guru honorer yang mendapatkan upah yang jauh dari kata layak?

Padahal seorang guru merupakan sumber utama dari pendidikan itu sendiri yang semestinya layak diberikan upah yang mempuni guna menunjang kualitas hidupnya. Jasa besar yang seorang guru berikan maka akan amat sangat penting lebih memperhatikan persolan-persoalan yang lebih mendasar dibandingkan memperhatikan hal-hal yang bersifat estetika seperti seragam, di mana hal tersebut belum bersifat urgen.
Kualitas pendidikan di negara kita adalah aspek yang sampai saat ini masih memiliki banyak problematika yang masih belum selesai. Selain soal kesejahteraan guru, ada beberapa permasalahan lainnya, seperti belum meratanya infrastruktur sekolah yang ada di setiap wilayah negeri kita. Ketika melihat dari Sabang sampai Merauke terdapat ketimpangan infrastruktur pendidikan yang begitu nyata.

Di satu sisi kita melihat sekolah yang layak digunakan, dan di sisi lain sekolah yang masih membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah untuk dipergunakan, seperti sekolah-sekolah yang ada di pedalaman Papua. Sebab infrastruktur sekolah yang baik akan memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar sehingga senantiasa menghasilkan rasa antusias dalam menuntut ilmu.
Selain soal infrastruktur sekolah, kita juga tentunya sangat sering melihat ketimpangan dari segi akses pendidikan yang ada pada masyarakat. Masih banyak anak-anak bangsa yang sampai saat ini belum bisa bersekolah lantaran faktor ekonomi yang terbatas dan pengetahuan akan akses pendidikan yang masih memerlukan edukasi dari pemerintah itu sendiri.

Dan yang lebih memprihatinkan adalah mereka sudah kehilangan semangat akan meraih pendidikan lantaran minimnya edukasi yang mereka dapatkan. Oleh sebab itu, pemerintah yang juga dalam hal ini adalah Kemendikbudristek, agar hadir di tengah-tengah mereka guna melihat langsung realitas yang ada sehingga dapat menentukan arah kebijakan yang efektif dan dapat dijangkau oleh semua elemen masyarakat.
Masih begitu banyak aspek fundamental yang harus dibenahi guna menghasilkan pendidikan yang dapat menjangkau semua kalangan, sehingga akan lebih baik bagi pemerintah yang juga dalam hal ini adalah Kemendikbudristek untuk lebih memprioritaskan permasalahan yang lebih urgen dan substantif.

Perubahan seragam sekolah yang dicanangkan tentu merupakan hal yang baik ketika kita menilainya dari berbagai aspek. Namun di tengah-tengah permasalahan pada dunia pendidikan hari ini, perubahan seragam bukanlah sesuatu yang prioritas utama.
Inovasi adalah sesuatu yang baik dalam merancang suatu kebijakan. Tapi, segala bentuk inovasi yang dilakukan haruslah relevan dengan aspek permasalahan yang ada sehingga permasalahan yang lebih utama dapat segera terselesaikan dengan baik. (yus)

source