Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, TelkomGroup Berangkatkan Lebih 2.000 Pemudik Melalui Jalur Darat dan Laut
axel wiryanto
Selasa, 09 April 2024 21:16 pm
dibaca 27 kali

JAKARTA, BKM — Menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri 1445H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menyelenggarakan program Mudik Gratis, yang terdiri dari Mudik Gratis Bersama BUMN dan Mudik Hepi Telkomsel Poin, untuk pelanggan, UMKM, sales force, dan masyarakat umum.
Mudik Gratis Bersama BUMN ini diselenggarakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tahun ini mengusung tema ‘Mudik Asyik Bersama BUMN’. Seremoni pelepasan keberangkatan bagi para peserta mudik dilakukan di Simpang Monas, Jakarta, Jumat, 5 April 2024.
Kegiatan ini dihadiri langsung Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Pj Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono, serta pejabat perusahaan BUMN.
Pada saat bersamaan, TelkomGroup juga melaksanakan pelepasan keberangkatan peserta Mudik Gratis Bersama BUMN dan Mudik Hepi Telkomsel Poin di Museum Satria Mandala, Jakarta.
TelkomGroup memberangkatkan total 2.187 pemudik melalui 35 bus (20 bus IndiHome oleh Telkomsel, 10 bus Telkomsel Poin, 5 bus Indibiz) dan 3 kapal laut dengan berbagai tujuan di antaranya, Cirebon, Semarang, Tasikmalaya, Yogya, Surabaya, dan Madiun, melalui jalur utara maupun jalur selatan Pulau Jawa, serta di sisi barat menuju Lampung hingga Palembang.
Program ini merupakan wujud dukungan Telkom untuk membantu masyarakat merayakan Idulfitri bersama keluarga dengan aman. Mudik gratis juga merupakan upaya untuk mengalihkan penggunaan sepeda motor ke moda bus dan kapal untuk meminimalkan risiko kecelakaan.
Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan, sebanyak 88 BUMN menyelenggarakan mudik yang aman dan nyaman untuk meminimalisasi kecelakaan, dengan lebih dari 90 ribu pemudik diberangkatkan.
”Semoga program yang telah berjalan selama 5 tahun ini dapat terus berlanjut, karena ini menjadi bentuk kepedulian BUMN untuk meringankan beban masyarakat, terutama di momen-momen seperti ini,” kata Erick.
Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan, program Mudik Gratis TelkomGroup menjadi wujud komitmen TelkomGroup dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.
Terutama bagi mereka yang akan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga merayakan Hari Raya Idulfitri 1445H.
”Selain moda transportasi, kami memberikan bantuan sekaligus memastikan para pemudik dapat pulang dengan aman dan nyaman. Tak hanya mengadakan mudik gratis, TelkomGroup juga membagikan bantuan kepada para pemudik dengan total sebesar bantuan lebih dari Rp500 juta.
Lebih lanjut Ririek menambahkan, animo masyarakat untuk mengikuti program Mudik Bersama BUMN ini sangat tinggi. Dimana, kuota sudah terpenuhi dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.
Bahkan total pendaftar mencapai 5.626 orang dalam rentang 24 jam itu, lima kali lipat melebihi kuota yang ditetapkan. Sehingga membuat TelkomGroup harus memvalidasi calon pemudik dengan baik dan tepat sasaran.
Sementara itu, program Mudik Hepi Telkomsel Poin memberangkatkan pemudik dengan dua moda transportasi, yakni darat dan laut. Sebanyak 10 bus diberangkatkan ke beberapa kota tujuan akhir, seperti Lampung, Palembang, Tasikmalaya, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Sedangkan moda kapal laut terdiri dari rute Balikpapan ke Surabaya, Makassar ke Surabaya, dan Batam ke Tanjung Priok.
Melalui program Mudik Hepi Telkomsel Poin, Telkomsel memfasilitasi para pelanggan setianya untuk berpartisipasi dalam berbagi kegiatan kebaikan dan berkolaborasi dengan platform Benih Baik, yang mengumpulkan dan menyalurkan hasil donasi kepada 1.100 pemudik untuk pulang ke kampung halaman merayakan lebaran bersama keluarga.
Demi memastikan kualitas layanan telekomunikasi tetap prima jelang libur lebaran, TelkomGroup telah melakukan persiapan mulai dari optimalisasi jaringan dan ketersediaan kapasitas internet yang mumpuni dalam mengantisipasi lonjakan trafik, berbagai paket layanan menarik untuk pelanggan, serta personel yang bertugas selama 24×7.
TelkomGroup telah menyiapkan Posko TelkomGroup SIAGA RAFI sebagai upaya untuk mengamankan infrastruktur dan layanan bagi semua segmen pelanggan di seluruh Indonesia. (mir)

source