DM: Wabup Karaeng Kio Adalah Om Saya
axel wiryanto
Selasa, 16 April 2024 19:10 pm
dibaca 21 kali

GOWA, BKM–Hingga kini belum ada figur jelang pemilihan bupati (Pilbup) Gowa yang secara resmi menyebutkan akan maju di pada November 2024 nanti. Namun sinyal untuk ikut pada kontestasi Pilbup itu sudah ada.
Seperti Darmawangsyah Muin (DM) yang juga Wakil Ketua DPRD Sulsel ini telah terang-terangan menyebutkan akan siap maju ke Pilbup Gowa nanti meski belum secara resmi mengumumkan. Namun kepada sejumlah awak media saat melakukan silaturahmi, DM menyebutkan dirinya untuk maju di Gowa.

Salah satu bukti keseriusannya adalah pada Pileg 2024 kemarin, DM yang juga Sekretaris DPD Partai Gerindra Sulsel ini tidak mendaftarkan diri sebagai Caleg dan juga tidak akan membuka pendaftaran bakal calon bupati di Gerindra Gowa.
Menurut DM, untuk apa membuka pendaftaran kalau Gerindra sudah punya calon sendiri yakni dirinya.
“Iya untuk apa Gerindra buka pendaftaran kalau sudah ada calonnya yang akan didorong ke Pilkada Gowa yakni saya, ” kata DM sambil tersenyum.

Namun soal kesiapannya menuju Pilbup Gowa untuk sementara kata DM, masih menunggu petunjuk DPP Partai Gerindra. Apalagi saat ini DM akan sibuk mengawal penjaringan calon untuk Pilkada serentak di Sulsel dan dirinya selaku ketua penjaringan bakal calon Gerindra untuk Pilkada Sulsel tersebut.
“Untuk saat ini saya fokus dulu mengawal Pilkada Sulsel, setelah itu baru Gowa, ” ucapnya menjawab santai setiap pertanyaan awak media.
Namun ada yang tersirat ketika usai salat Idul Fitri di Masjid Agung Syekh Yusuf, H Abd Rauf Malaganni Karaeng Kio dan DM bertemu. Mereka saling bersilaturahmi bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di kediaman Ketua Tanfidziah Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Gowa Abdul Jabbar Hijaz Daeng Sanre.
Turut hadir anggota DPRD Sulsel Anzar Zaenal Bate dan politisi Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan dan tokoh lainnya.

Di pertemuan singkat itu, Bupati Gowa Adnan Purichta sempat berseloroh dengan mengatakan dirinya mewakafkan Wakil Bupatinya yakni Abdul Rauf Malaganni untuk menjadi calon Bupati Gowa Pilbup mendatang. Semua yang hadir pun cengengesan. Ada yang menanggapi tersenyum, ada yang manggut-manggut.

Salah satu tim kerja DM yakni Hasrul Abdul Rajab (HAR) yang turut dalam pertemuan santai itu, mengatakan, usai bertemu di kediaman Ketua NU Gowa, DM lanjut kunjungan ke rujab Bupati dan rujab Wabup Gowa.
“Iya usai salat Ied bersama di Masjid Agung, semua sempat ngopi di kediaman bapak Haji Sanre. Disitu selain bapak Bupati Gowa, juga ada bapak Wabup Gowa serta bapak DM, juga hadir bapak anggota DPRD Sulsel Anzar Zaenal Bate dan anggota DPRD Sulsel terpilih Rifail Ka’bah Faisal Hijaz, ” jelas HAR kader Partai Gerindra yang juga anggota DPRD Gowa terpilih Pemilu 2024 ini.
Terkait kunjungan DM, menurut HAR adalah kunjungan silaturahmi sekaligus halal bihalal di hari Idul Fitri ini. Dan itu dibenarkan DM.
“Ini hanya silaturahmi apalagi kesemuanya dilandasi hubungan keluarga, khususnya saya dengan pak Wabup Karaeng Kio beliau adalah om saya juga, kami semua memang ada hubungan keluarga,” kata DM saat kunjungan tersebut.
Terpisah, Wabup Gowa Abdul Rauf Malaganni yang dimintai tanggapannya soal pertemuan itu mengatakan, kunjungan ini hal biasa dilakukan para pejabat pasca lebaran.

Menurut Karaeng Kio, tidak ada yang istimewa cuma memang dalam pertemuan itu Bupati Gowa Adnan Purichta selalu guyon jelang Pilbup apalagi ada tiga tokoh yang hadir yakni dirinya, DM dan Husniah Talenrang. Namun kata Rauf Karaeng Kio pertemuan mereka bersama hal biasa antara pemerintah daerah, legislatif yang kebetulan juga kesemuanya adalah warga Gowa.
“Ini hari lebaran jadi wajarlah kita semua bertemu apalagi salat di masjid yang sama dan ini suasana hari raya lebaran. Bahkan saya sempat guyon juga kepada pak DM dan bu Husniah. Saya sempat guyon bahwa jika pak Amir Uskara berpasangan dengan Husniah Talenrang maka merupakan pasangan sangat kuat tidak ada yang bisa tandingi kecuali satu orang. Satu orang itu adalah saya dan pasangannya adalah DM, ” kata Karaeng Kio sambil tertawa membeberkan isi bincang dan candaannya kepada DM tersebut.(sar/rif)

source