UT dan Unhas Jajaki Peluang Kerja Sama Pengembangan Bisnis
axel wiryanto
Kamis, 21 September 2023 20:36 pm
dibaca 65 kali

Wakil Rektor IV UT Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis Rahmat Budiman didampingi Direktur UT Makassar Prof Rahman Rahim telah melakukan pertemuan dengan
direktur utama dan jajaran direksi PT. Hading (Holding Company) milik PTN-BH Unhas, baru-baru ini di Hotel Convention Unhas dirangkaikan jamuan makan malam bersama.

Dalam pertemuan tersebut terbuka peluang kerja sama pada Bidang Tridarma Perguruan Tinggi, Bidang Teknologi Pembelajaran, Kewirausahaan dan Pengembangan Bisnis.

WR IV UT Budiman Rahmat mengatakan, setelah berubah status menjadi PTN BH, UT dituntut untuk menciptakan peluang bisnis.
Dirinya bertugas untuk menyiapkan aktivitas bisnis agar bisa menghasilkan uang untuk operasional dan pengembangan penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Sekarang ini, menurut Budiman, UT sudah melakukan pemetaan bisnis, yakni jualan layanan microsoft service yang sudah digunakan oleh beberapa perguruan tinggi. Hasilnya sungguh luar biasa memberikan tambahan pendapatan bagi UT.

”UT juga mencatat kesuksesan dalam penjualan bahan ajar mereka, dengan lebih dari 2 juta eksemplar terjual.

Kemudian pelatihan dan pemanfaatan fasilitas yang ada juga menjadi potensi bisnis yang menarik untuk dieksplorasi,” ujar Budiman.

Dari hasil pertemuan ini yang menarik di Unhas adalah bisnis hotel, tambak udang, apartemen dan lainnya.

Hanya saja, bagi Rahmat Budiman, bisnis yang akan dikembangkan terlebih dahulu dibuatkan proposalnya untuk dikaji oleh Majelis Wali Amanat (MWA) untuk mendapatkan persetujuan.

Di Sulsel, tambah Rahmat Budiman, peluang bisnis yang dianggap potensial dikembangkan oleh UT adalah bisnis jagung, tambak udang dan apartemen.

“Karena itu kami akan datang ke sini (Unhas) untuk melihat peluang-peluang kerjasama bisnis yang lebih spesifik di Unhas,” jelasnya.

Kunjungannya ke Unhas sebagai langkah awal rencana kerja sama bisnis ke depan, dan menandai langkah pertama menuju kerja sama yang dapat memberikan manfaat bagi kedua universitas.

Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh kedua institusi dan begitu juga kelemahan dan kekurangan yang ada pada keduanya melalui kerja sama ini akan saling melengkapi nantinya sehingga kedua perguruan tinggi akan memperoleh manfaat bersama dan saling menguatkan. (rls)

The post UT dan Unhas Jajaki Peluang Kerja Sama Pengembangan Bisnis appeared first on Berita Kota Makassar.

source