DMI Serukan Salat Minta Hujan
axel wiryanto
Kamis, 21 September 2023 18:56 pm
dibaca 47 kali

MAKASSAR, BKM — Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 157.D/SEM/PP-DMI/IX/2023. Surat yang dikeluarkan di Jakarta pada tanggal 18 September 2023 itu ditujukan ke pimpinan DMI wilayah, daerah, kecamatan, dan ranting-ranting DKM/ta’mir masjid seluruh Indonesia menyerukan untuk melakukan salat Istisqa atau salat meminta hujan. Surat edaran itu ditandatangani langsung Ketua Umum DMI Jusuf Kalla.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan DMI dalam surat edaran itu. Berkenaan dengan periode musim kemarau berkepanjangan yang mengakibatkan kekeringan dan krisis air di 63 persen di wilayah Indonesia, bahkan telah menyebabkan korban jiwa, maka Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) menyerukan serta mengajak seluruh Pimpinan DMI di tingkat wilayah, daerah, cabang, dan ranting untuk bersama-sama DKM/Takmir Masjid seluruh Indonesia kiranya dapat melakukan salat Istisqa’ pada bulan September 2023, baik dilaksanakan di lapangan maupun di halaman-halaman masjid yang luas.
Agar khatib salat Istisqa’ mengajak umat Islam bertaubat (meminta ampun atas segala dosa), memperbanyak istighfar, dan berdoa sungguh-sungguh semoga Allah Swt mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan seluruh bangsa ini.

Dikonfirmasi terkait adanya surat edaran tersebut, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Makassar M Syarif menerangkan jika Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto sudah merespons terkait pelaksanaan salat Istisqa’ di Kota Makassar. Namun untuk pelaksanaannya, saat ini belum bisa dipastikan karena wali kota sementara berada di luar kota.
“Alhamdulillah, Pak Wali sudah merespons sebetulnya terkait rencana melaksanakan salat untuk meminta hujan. Insyaallah, tapi beliau saat ini sedang keluar kota,” ujar Syarif.
Sementara itu, Sekretaris Kota Makassar M Ansar mengatakan surat edaran yang dikeluarkan DMI merupakan anjuran yang bagus. Dia pun mengatakan segera berkoordinasi dengan Bagian Kesra untuk membicarakan rencana tersebut.
“Anjurannya bagus, kita ini manusia yang beriman kalau berdoa bagus, memohon apa yang diperlukan itu baik. Nanti saya komunikasi dengan Kesra,” tandasnya. (rhm)

The post DMI Serukan Salat Minta Hujan appeared first on Berita Kota Makassar.

source