Rasakan Kemudahan Isi Daya di SPKLU PLN. Ini Kata Pengguna Kendaraan Listrik Saat Mudik Idulfitri 1445 H
axel wiryanto
Senin, 15 April 2024 09:40 am
dibaca 27 kali

MAKASSAR, BKM — PT PLN (Persero) menjamin kesiapan layanan 21 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang beroperasi di 12 lokasi tersebar provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat dalam momen mudik Idulfitri 1445 H.
Saat melakukan isi daya mobil listrik di SPKLU PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kolaka, Zulkifli, pemudik rute Kendari ke Kolaka Utara, menuturkan, SPKLU yang tersedia di Sulawesi Tenggara sangat memudahkan pengguna kendaraan listrik.
”Saya pribadi memanfaatkan infrastruktur SPKLU di PLN ULP Wuawua dan PLN ULP Kolaka dalam rute mudik perjalanan Kendari ke Kolaka Utara. Tempatnya nyaman dan saya bisa beristirahat sambil mengisi daya mobil listrik. Cara isi dayanya mudah sekali. Selain itu, petugas PLN juga sigap membantu,” ujar Zulkifli.
Senada dengan Ali, pemudik rute Makassar ke Sidrap turut mengapresiasi kesiapan SPKLU PLN. ”Adanya SPKLU yang terletak di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Parepare ini sangat mempermudah kami dalam melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil listrik. Kami tak khawatir kehabisan baterai,” pungkas Ali.
Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin, menegaskan kepada pemudik yang menggunakan kendaraan listrik agar tidak khawatir. Karena PLN telah menyiapkan _charging station_ pada jalur trans Sulawesi.
”Tidak hanya berfokus pada kendaraan listrik roda empat, PLN UID Sulselrabar juga telah menyiapkan 1.103 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) bagi kendaraan listrik roda dua,” ungkap Andy.
Andy menyampaikan, lokasi-lokasi SPKLU, SPBKLU dan SPLU dapat diakses melalui menu _Electric Vehicle_ pada Aplikasi PLN Mobile. Ia mencatat, hingga tanggal 9 April 2024, transaksi penggunaan SPKLU oleh masyarakat meningkat signifikan.
PLN mencatat, jumlah transaksi di SPKLU melonjak hingga tiga kali lipat pada periode arus mudik tahun 2024 dibandingkan periode yang sama 2023 lalu dari 23 transaksi menjadi lebih dari 76 transaksi.
Andy menyatakan, PLN terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini salah satunya diwujudkan dengan penambahan beberapa fitur pada Aplikasi PLN Mobile. Sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin nyaman dalam melakukan perjalanan jarak jauh.
”Bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan listrik sekarang tidak perlu ragu lagi. PLN sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur _Trip Planner_ di aplikasi PLN Mobile,” kata Andy.
Lewat menu _Trip Planner_, pemudik dapat mengatur titik berangkat dan titik tujuan dan secara otomatis PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut.
Andy juga mengisahkan pengalamannya menggunakan mobil listrik dengan jarak tempuh 750 km. Ternyata hanya membutuhkan 90 kiloWatt hour (kWh).
Andy menambahkan, dengan asumsi tarif listrik Rp2.466 per kWh apabila melakukan pengisian daya di SPKLU, maka hanya diperlukan sekitar Rp221.940. Sedangkan dengan kendaraan konvensional dengan jarak yang sama membutuhkan 90 liter BBM dengan total biaya sebesar Rp1,5 juta.
Selama _touring_ menggunakan mobil listrik, Andy turut merasakan sendiri penghematannya, yaitu sampai 85 persen.
”Dibandingkan mobil konvensional, saya dapat menghemat biaya sebesar Rp1,2 jutaan. Saya sudah membuktikan sendiri menggunakan mobil listrik jauh lebih efisien. Dan yang terpenting ramah lingkungan,” pungkas Andy.
Andy juga mengajak masyarakat untuk bisa beralih dari kendaraan berbasis fosil ke kendaraan listrik. Ia menegaskan, dengan menggunakan kendaraan listrik masyarakat sudah turut berkontribusi untuk mengurangi emisi karbon transportasi sampai 56 persen. (mir)

source