Pelanggaran dan Lakalantas Turun 51 Persen
axel wiryanto
Rabu, 20 September 2023 12:44 pm
dibaca 98 kali

MAKASSAR, BKM — Operasi Zebra 2013 yang digelar personel Kepolisian Republik Indonesia (Polri) secara serentak sejak tanggal 4 September 2023, telah berakhir pada Minggu, 17 September 2023.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moemponi Harso saat merilis hasil operasi Zebra di aula Direktorat Lalulintas Polda Sulsel, Senin (18/9), menyampaikan, pelanggaran dan kecelakaan lalulintas (Lakalantas) mengalami penurunan secara signifikan, yakni 51 persen.
”Operasi yang digelar dimulai sejak tanggal 4 September sampai 17 September 2023, kami nilai dapat menurunkan angka lakalantas serta mengurangi pelanggaran lalulintas di jalan raya. Dan perihal ini mampu menekan pelanggaran dan lakalantas,” kata Kapolda.
Orang nomor wahid Polri di Sulsel ini menambahkan, hasil analisa dan evaluasi (Anev) sampai hari terakhir tanggal 17 September 2023, secara menyeluruh pelaksanaan operasi berjalan lancar dan cukup berhasil.

Hasil analisa data mampu menurunkan pelanggaran dan lakalantas. Penurunan cukup signifikan yakni sebanyak 242 kejadian atau turun 51 persen.
Sementara itu, Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sulsel, Kombes Pol I Made Agus Prasatya, menjelaskan, Operasi Zebra Pallawa 2023 merupakan operasi khusus dalam rangka mewujudkan keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas.
”Jadi sasaran utama kami itu adalah untuk meningkatkan disiplin atau ketaatan hukum masyarakat di jalan. Adapun tindakan yang kami lakukan adalah mengendepankan

edukatif, persuasif dan penegakan hukum yang humanis, dengan memanfaatkan ETLE atau electronic traffic law envorcement, dan teguran simpatik. Alhasil, dari operasi zebra 2023 yang kami gelar secara menyeluruh, berjalan lancar dan cukup berhasil. Ini tidak lepas dari peningkatan aktivitas kegiatan jajaran kami, baik tindakan preemtif, preventif maupun represif,” ujarnya.
Kendati demikian, juga dalam giat pre-emtif meningkat sebanyak 38.782 kegiatan, atau 25 persen, jika dibandingkan operasi tahun 2022 sebanyak 29.215, baik melalui media cetak, elektronik, medsos, spanduk dan leaflet.

The post Pelanggaran dan Lakalantas Turun 51 Persen appeared first on Berita Kota Makassar.

source