PDIP Beri Tugas Danny Untuk Cukupkan Koalisi
axel wiryanto
Kamis, 04 Juli 2024 15:49 pm
dibaca 18 kali

MAKASSAR, BKM–Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indoanesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ansari Mangkona membenarkan jika bakal calon gubernur Sulawesi Selatan Mohammad Ramadhan (Danny) Pomanto telah menerima surat tugas dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP untuk pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2024.
“Sudah diserahkan oleh DPP beberapa hari yang lalu surat tugas kepada Danny Pomanto untuk Pilgub 2024,”ujar Andi Ansyari Mangkona, Selasa (2/7).

Ansyari menegaskan bahwa, saat ini baru satu nama yang diberikan surat tugas oleh DPP untuk Pilgub Sulawesi Selatan.
“Yang namanya kader tentu menjadi prioritas partai dan surat tugasnya ada di pak Danny,” ucapnya.
Namun menurutnya, selama belum keluar B1-KWK semua yang pernah mendaftar di PDIP sama-sama memiliki peluang.
“Yang mendaftar semua punya peluang tapi namanya kader pasti di prioritaskan,” ungkapnya.
Oleh karena itu, setelah pemberian surat tugas, maka Danny diminta untuk segera mencukupkan koalisi karena PDIP tidak cukup kursi untuk mengusung sendiri.

Hasil Pileg 14 Februari lalu PDIP meloloskan 6 kadernya keparlemen Sulsel sehingga masih butuh tambahan 11 kursi.
“Setelah diberikan surat tugas disuruh untuk mencukupkan koalisi partai politik, mencari wakil, sosialisasi dan surveinya seperti apa,” jelasnya.
Ansyari menambahkan bahwa untuk batas waktunya dirinya belum mendapatkan informasi secara detail namun mengacu pada tahapan KPU sebagai penyelenggara. “Agustus sudah jelas semua sesuai jadwal KPU seperti apa tahapannya,” tutupnya.

AIA Masih Menjaring Calon Pendamping

POLITISI Gerindra yang juga bakal calon Gubernur Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) juga sudah mendapat restu dari Ketua umum DPP Gerindra Prabowo Subianto.
Kini AIA yang juga Ketua DPD Gerindra Sulsel telah massiv bergerak dengan melakukan sosialisasi sambil memasang alat peraga berupa baliho.

Gerindra mengontrol 13 kursi dan butuh tambahan 4 kursi. Selain mencari partai koalisi, AIA juga telah melakukan pertemuan dengan bakal calon lain untuk membahas koalisi dan berpasangan.
Ketua Bappilu Gerindra Sulsel Hermansyah mengatakan, saat ini pihaknya masih tengah melakukan analisa terhadap pasangan potensial untuk mendampingi AIA.
“Belum ada rekomendasi nama untuk dampingi pak AIA. Semua masih dalam tahapan riset dan menganalisa (pasangan potensial),” kata Hermansyah.

Dia mengatakan, saat ini sesuai instruksi partai pihaknya masih fokus menjaring dukungan dan basis pemilih melalui kerja-kerja kader Gerindra. Hal itu dilakukan guna memperkenalkan AIA kepada masyarakat.
“Kondisi saat ini saya lebih cendrung ke internal partai dulu, kami masih fokus bekerja untuk kader internal Gerindra,” jelasnya.

Diketahui, nama AIA beberapa hari terakhir menjadi perbincangan publik. Karena Gerindra telah mengusulkan AIA yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR RI sebagai bakal calon Gubernur.
Kendati begitu, pasangan AIA belum mengerucut pada figur tertentu, namun pada perayaan hari raya Idul adha, bakal calon Gubernur Mohammad Ramadan Danny Pomanto terpantau menyambangi kediaman AIA.
Meski begitu, dua tokoh politik Sulsel ini belum memberikan sikap sebagai paket dalam Pilgub Sulsel. Namun, saling memberikan support sebagai calon peserta Pemilu 2024. (jun/rif)

source