Minimalisir Kasus Kekerasan Anak
axel wiryanto
Rabu, 17 April 2024 20:21 pm
dibaca 23 kali

PERISTIWA penganiyaan terhadap anak saat ini sangat memprihatikan dan menjadi masalah besar yang dihadapi masyarakat Indonesia. Baru-baru ini telah terjadi tindak kekerasan oleh seorang pengasuh yang menganiaya seorang anak di bawah umur. Menurut laporan polisi anak tersebut mengalami luka serius karena kekerasan.

Dari kasus ini, diperlukan upaya yang lebih serius dalam melindungi anak dari segala bentuk kekerasan seperti kekerasan fisik, psikis, sosial, maupun kekerasan seksual. Dalam menanggapi kasus ini perlu adanya tindakan tegas dari pihak berwenang untuk memastikan keamanan anak, dan penting juga masyarakat belajar memahami hak anak serta tugas semua pihak dalam melindungi anak.

Dari kasus kekerasan ini menunjukkan betapa pentingnya peran keluarga dan masyarakat untuk membuat lingkungan aman bagi anak-anak. Perlu upaya bersama dari semua pihak, khususnya orang tua agar lebih selektif dalam memilih pengasuh anak dan pengawasan yang lebih baik, serta penegasan hukum yang tegas terhadap pelaku kekerasan pada anak.

Untuk itu, sebagai generasi Z saya berharap pentingnya para orang tua untuk mengawasi setiap anak yang dititipkan kepada pengasuh. Karena jika tidak, itu bisa saja berakibat fatal dan pasti membahayakan kondisi anak.

Jika anak tersebut telah mendapat kekerasan tentu ke depannya anak tersebut akan mengalami gangguan psikis dan akan membuat mereka trauma hingga pada peristiwa yang tidak diinginkan. (jar)

source