Firli Bahuri Ingatkan Kepala Daerah
axel wiryanto
Kamis, 09 Juni 2022 05:09 am
dibaca 249 kali

SIDRAP, BKM — Bupati Sidrap Dollah Mando menghadiri kick off desa antikorupsi yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melalui bimbingan teknis pembentukan Desa Anti Korupsi tahun 2022 pada 10 provinsi di Indonesia di Kabupaten Gowa, Selasa (7/6).

Hadir Ketua KPK RI, Firli Bahuri, Menteri Desa PDDT, Abdul Halim Iskandar, Gubernur Sulsel Andi Sudirman bersama sembilan gubernur, Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, Irjen Kemenkeu Awan Nurmawan, dan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo.

Firli mengatakan, semua pihak termasuk masyarakat desa harus berperan dalam menjalankan sistem dan tata pemerintahan guna mewujudkan tujuan negara, termasuk dalam memberantas korupsi.

“Saya berpesan kepada semua para kepala daerah, tidak ada tujuan lain kecuali pengabdian setinggi-tingginya oleh rakyat dan untuk rakyat. Demokrasi dengan ruh keterbukaan, transparan dan akuntabel tentulah seharusnya tidak ada ruang lagi untuk melakukan korupsi. Karena semuanya sudah sangat terbuka,” ujar Firli.

Tujuan program Desa Antikorupsi ini yakni menyebarkan tentang pentingnya membangun integritas dan nilai-nilai antikorupsi kepada pemerintah dan masyarakat desa. Memperbaiki tata laksana pemerintahan desa yang berintegritas dan memberikan pemahaman serta peningkatan peran masyarakat desa dalam mencegah dan memberantas korupsi.

Melalui kick off desa antikorupsi tersebut, menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk menjadikan desanya menjadi desa yang bersih dari praktik korupsi. Budaya antikorupsi lahir dari level masyarakat desa dan terus menyebar hingga ke tingkat pemerintahan yang lebih tinggi. (ady/C)

The post Firli Bahuri Ingatkan Kepala Daerah appeared first on Berita Kota Makassar.

source