Calon Senator Tamsil Linrung Siap Kawal Perubahan
axel wiryanto
Rabu, 06 Desember 2023 01:19 am
dibaca 65 kali

MAKASSAR, BKM–Kontestasi pemilihan senator atau Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan semakin ketat.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan daftar calon tetap (DCT) Anggota DPR RI dan anggota DPD RI. Untuk level DPD RI Dapil Sulsel, total ada 18 calon yang bertarung.
Nomor urut calon anggota DPD RI, diurutkan berdasarkan abjad. Tamsil Linrung mendapatkan nomor urut 18 atau terakhir. Di Dapil Sulsel,terdapat tiga dari empat petahana yang kembali maju bertarung.
Ketiganya yakni Andi Muh Ihsan, Tamsil, dan Lily Amelia Salurapa. Adapun satu petahana lainnya, Ajiep Padindang bertarung ke DPR RI di Dapil Sulsel I melalui Partai Golkar.

Bagi Tamsil Linrung, ini periode kelimanya bertarung memperebutkan kursi Senayan. Sebelumnya ia tiga periode menjabat anggota DPR RI, dan satu periode senator DPD RI.
“Saya maju kembali ke DPD karena dorongan hati nurani untuk terus memperjuangkan daerah, dan menjadikan DPD punya power di mata rakyat sekaligus akan mengawal perubahan jika Anies -Cak Imin di takdirkan menjadi Presiden 2024,”ujar Tamsil Linrug.
Tamsil Linrung adalah politisi berlatar aktivis mahasiswa. Pria kelahiran Pangkep 17 September 1961 ini menghabiskan masa mudanya dengan aktif berorganisasi.

Di bangku kuliah, Tamsil tampil sebagai aktivis mahasiswa pada masa pemerintahan orde baru. Ia pernah dipercaya menjabat Ketua Umum Senat Mahasiswa FPIPS-IKIP Ujung Pandang. Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Makassar periode 1983 sampai 1984.
Selanjutnya Ketua Umum LDMI Cabang Makassar 1984 sampai 1985, lalu Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam MPO 1988 sampai 1990.
Selepas kuliah, ketika teman-teman kampusnya sebagian besar menjadi guru, Tamsil memilih bidang politik sebagai kariernya. Pada awal reformasi, Tamsil bergabung jadi kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Tamsil pertama kali terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2004 lalu. Pada Pemilu 2009, dan 2014, Tamsil berhasil melenggang kembali ke Senayan. Ia pernah dipercaya menjabat Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.
Pada Pemilu 2019 lalu, Tamsil memutuskan bertarung sebagai calon senator. Hasilnya, Tamsil meraih 455.137 suara.
Ia memastikan satu dari empat kursi DPD RI. Adapun basis pendukung tebesar ada di Kota Makassar, Pangkep, Maros, Barru dan Parepare.
Kini Tamsil menatap periode kelima di Senayan. Menarik menanti perhelatan pemilu 2024 untuk memilih 4 senator yang akan mewakili Sulsel di Senayan dari unsur non partisan.
Di sisi lain, Tamsil ingin bersama-sama memastikan Anies Baswedan sebagai Presiden 2024.
“Saya juga punya target selain diri saya, bahwa ada Capres Anies yang saya perjuangkan. Kita harus bekerja maksimal menjadikan Sulsel lumbung suara Anies di Pilpres 2024,” jelasnya.
Pada Pileg 2019 lalu, Andi Muh Ihsan tampil sebagai peraih suara terbanyak dengan 574.630 suara. Posisi kedua ditempati Lily Amelia Salurapa 481.423, disusul Tamsil 455.137, dan Ajiep Padindang 427.005.
Adapun total DPT ketika itu berjumlah 6.425.788. Berikut nama-nama 18 calon DPD RI yang ditetapkan KPU RI baru-baru ini. (rif)

source