Banyak Pohon Potensi Tumbang, DLH Bikin Posko Aduan
axel wiryanto
Senin, 04 Desember 2023 12:28 pm
dibaca 74 kali

GOWA, BKM — Jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gowa mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah musim hujan saat ini. Hal itu diingatkan karena di musim penghujan saat ini membuat banyak pohon besar berpotensi tumbang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis, yang dihubungi, Sabtu (2/12), mengatakan, sejak musim hujan tiba, pihaknya mulai rutin melakukan pengawasan terhadap pohon-pohon besar di pinggir jalan maupun di lingkungan tempat tinggal masyarakat di Gowa.
Bahkan, sebelum musim hujan pihaknya sudah melakukan pemangkasan dan penebangan pohon-pohon besar dan tua yang memungkinkan tumbang di jalan-jala raya poros desa kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga poros provinsi.

”Kami sudah mengambil langkah jauh sebelum memasuki musim hujan melakukan pemangkasan pohon dan menebang pohon yang sudah miring dan mati. Bahkan saat ini, kami membuat poako.pengaduan masyarakat agar masyarakat bisa segera melakukan upaya bilamana di wilayahnya ada pohon yang rawan artinya sudah mesti ditebang karena kondisinya malah berbahaya bagi pengguna jalan jika tidak ditebang. Kami imbau jika masyarakat melihat ada pohon potensi tumbang agar segera menghubungi posko DLH (hp: 0853-9588-5237). Posko pengaduan ini ada di kantor DLH Gowa di Jl Manggarupi,” kata Azhari.
Dikatakan Azhari, sejak tahun 2022 lalu pihaknya juga sudah melakukan penggantian pohon peneduh jalanan di poros Sungguminasa-Takalar dengan jenis pohon flamboyan yang lebih kuat perakaran dan batangnya.
”Kami mengimbua masyarakat untuk senantiasa berhati-hati saat berkendara. Jika hujan turun deras dan ada angin jangan berteduh di bawah pohon,” kata Azhari. (sar)

source