Asuransi Astra Raih Posisi Pertama Dalam Kategori General Insurance
axel wiryanto
Rabu, 28 Februari 2024 23:59 pm
dibaca 29 kali

MAKASSAR, BKM — Pada peradaban digital yang setiap hari kian berkembang, bukan suatu kemudahan bagi para pelaku industri untuk mencanangkan strategi yang tak hanya memiliki dampak baik namun bersifat berkesinambungan.
Tak hanya perubahan pada sistem, perubahan juga terjadi pada perilaku masyarakat yang kemudian memengaruhi pertumbuhan market perusahaan dan mengharuskan penyesuaian yang dinamis.

Untuk menjawab hal ini, Asuransi Astra yang telah berdiri dan bertumbuh selama 67 tahun lamanya terus berinovasi menyesuaikan perkembangan untuk melengkapi kebutuhan pelanggan agar dapat terus memberikan peace of mind melalui berbagai inovasi digital.
Atas upayanya tersebut, Asuransi Astra berhasil meraih posisi pertama dalam kategori General Insurance dengan title E-claim pada penghargaan Indonesia Top 20 Digital Financial Brands Award 2024 oleh The Iconomics. Penghargaan diterima secara luring oleh VP Digital Asuransi Astra, Susanto Benny.
Indonesia Top 20 Digital Financial Brands Award 2024 merupakan bentuk apresiasi kepada institusi yang telah berinovasi dalam ranah marketing dan digital di Indonesia selama 2023 dengan nilai survei tertinggi di Indonesia pada (sub) kategorinya yang diselenggarakan oleh The Iconomics.
Pada metodologi penelitiannya pemenang ditetapkan melalui kajian popularitas, yaitu berdasarkan pemahaman dan apresiasi publik pada produk dan layanan digital industri keuangan.

Untuk memastikan adanya kajian yang memadai untuk memberikan penghargaan kepada produk-produk terpopuler, Iconomics Research juga melalui berbagai tahapan seperti Focus Group Discusscion dengan melibatkan berbagai kalangan publik dari beberapa kota, Online Quatitative Survey dengan lebih dari 10.000 responden pada Desember 2023 sampai dengan awal Januari 2024 di 10 kota besar di Indonesia, dan Kalkulasi Penilaian.
Tepat pada tahun 2015, Asuransi Astra memulai inovasi digitalnya yang kemudian masih terus berjalan hingga saat ini dengan secara konsisten bergerak agile, yang mana sesuai dengan tata nilai perusahaan dengan selalu merangkul perubahan dan menggali peluang yang ada.
Inovasi digital ini diawali dengan peluncuran mobile apps Garda Mobile Otocare untuk pelanggan Garda Oto yang kini memiliki wajah dan nama baru menjadi myGarda, guna memberikan rasa peace of mind kepada para pelanggan lebih baik lagi melalui berbagai pengembangan fitur layanannya terbaru berbasis digital.

Tak hanya fitur yang mengalami pembaruan, sekarang myGarda tidak hanya ditujukan bagi pelanggan Garda Oto, namun myGarda juga dapat digunakan untuk pembelian hingga pemantauan status klaim asuransi kesehatan rawat jalan Garda Healthtech dan asuransi perjalanan Garda Trip.
Permintaan layanan bantuan darurat Garda Siaga pun dapat dengan mudah dilakukan melalui aplikasi myGarda.
Tak hanya itu, pada tahun berikutnya, Asuransi Astra meluncurkan Garda Mobile Medcare (Medcare) khusus untuk pelanggan Garda Medika, produk asuransi kesehatan untuk segmen korporasi dari Asuransi Astra. Melalui Medcare, pelanggan Garda Medika dapat mengetahui informasi benefit kepesertaannya, mengajukan klaim secara digital melalui E-Claim, melakukan konsultasi secara daring dengan berbagai dokter dari rumah sakit rekanan Garda Medika melalui fitur E-Consultation, hingga fitur terbaru Express Appointment yang dapat dijadikan solusi bagi para pelanggan dalam membuat appointment pendaftaran rawat jalan di rumah sakit tanpa perlu mengantre pada counter rawat jalan hingga proses pembayaran dan penebusan obat yang dapat dilakukan secara cashless secara langsung.
”Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan Asuransi Astra berkat dedikasi serta komitmen yang tak hanya baik namun juga konsisten diterapkan dalam setiap upayanya. Tak lupa, kami juga berterima kasih atas dukungan para pelanggan serta kolaborasi para stakeholder selama ini,” tutur Benny.
Benny menambahkan, apresiasi luar biasa ini tentunya akan terus dijadikan dorongan untuk terus menggali peluang dan memahami kebutuhan masyarakat agar dapat memberikan peace of mind guna dapat mencapai tujuan kami menjadi The Most Sustainable General Insurance Company di Indonesia dan menjadi perusahaan asuransi yang dapat selalu diandalkan. (mir)

source