Site icon ROVINDO

Wawali Pimpin Razia Anjal, Ada Kisah Haru

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar menurunkan tim terpadu menertibkan anak jalanan (anjal) di sejumlah jalan protokol, Rabu (27/7). Mereka dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi. Melibatkan personel dari Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), serta Satuang Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
Penyisiran dimulai dari Balai Kota Jalan Ahmad Yani, Jenderal Sudirman, Ratulangi, Landak, Veteran sampai ke Masjid Raya. Selanjutnya berbelok ke Urip Sumoharjo, Fly Over, belok ke AP Pettarani, Hertasning, Adhyaksa, dan terakhir di Rumah Perlindungan Trauma Centre (RPTC) Jalan Abdullah Daeng Sirua.

Kepala Dinas Sosial Auliah Arsyad, menjelaskan jumlah yang terjaring 12 orang, terdiri dari tujuh anak jalanan dan lima gelandangan pengemis. Setelah dilakukan pendataan, ternyata ditemukan ada gelandangan bersama anaknya yang terjaring merupakan warga Kabupaten Gowa. “Ada ibu dan anak yang terjaring merupakan warga Gowa. Ada mobilnya ternyata,” ungkap Auliah.
Selanjutnya, seluruh anjal dan gepeng yang terjaring didata dan diassesment. Sesuai standar operasional prosedur (SOP), mereka akan dibina selama tiga hari di shelter sebelum dikembalikan ke rumah masing-masing.
Sementara Kepala Dinas P3A Makassar Achi Soleman, menerangkan pihaknya khusus mendata untuk anak-anak yang terindikasi merupakan korban kekerasan. Setelah melalui proses tanya jawab ternyata ada anak yang mengalami kekerasan oleh orang tuanya. Ada pula ibu yang mengalami kekerasan oleh suaminya.

The post Wawali Pimpin Razia Anjal, Ada Kisah Haru appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version