Site icon ROVINDO

Wawali Akui Proses di Longwis Lambat

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar akan melaunching beberapa proyek di peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang. Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, menerangkan usai upacara peringatan detik-detik proklamasi di tingkat provinsi, akan dilaksanakan launching lorong wisata (longwis).
Untuk tahap pertama ini, sebanyak 100 longwis bakal diluncurkan. Sebanyak 46 di antaranya merupakan binaan OPD lingkup Pemkot Makassar. Sementara sisanya merupakan longwis hasil swadaya masyarakat.

“Dari 1.095 lorong wisata yang rencananya kami akan buat, sebanyak 100 longwis sudah bisa dilaunching bertepatan 17 Agustus mendatang,” ungkap Fatma usai memimpin Rapat Persiapan HUT Kemerdekaan RI di Ruang Rapat Wawali, Lantai 11 Tower Balai Kota, Senin (1/8).
Dari hasil peninjauannya ke sejumlah lorong wisata sepekan terakhir, Fatma menilai progresnya cukup menggembirakan. Namun memang masih ada yang harus dilengkapi. Salah satunya, terkait pengerjaan infrastruktur lorong, berupa paving blok dan drainase. “Ini yang harus digenjot lagi. Prosesnya masih agak lambat,” kata Fatma.
Selain longwis, Pemkot Makassar juga berencana akan melaunching penggunaan Commuter Metro Moda (Co’mo) yang akan menjadi moda tranportasi antar lorong berbahan bakar listrik.
Untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan, sejumlah agenda menarik juga bakal dilaksanakan Pemkot Makassar. Di antaranya agenda bersih-bersih kanal, penanaman pohon, lomba kebersihan antar OPD, hingga Porseni.

Puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI tingkat Kota Makassar berupa upacara bendera, ada dua alternatif lokasi yang disiapkan. Kalau bukan di Lapangan Karebosi, pelaksanaannya akan digelar di Anjungan Pantai Losari, tepatnya di anjungan City of Makassar.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Andi Siswanta Attas, menerangkan untuk kegiatan Porseni antarinstansi, pihaknya sudah membuat surat edaran internal yang menginformasikan pembukaan Porseni dilaksanakan 5 Agustus mendatang.
“Seperti tahun sebelumnya ada lomba terompah, lari karung, dan tarik tambang. Ada juga futsal, bulutangkis, dan senam line dance Marendeng Marampa. Ada pula lomba menyanyi antarkepala OPD se-Makassar bersama pasangannya,” kata Andi Siswanta Attas, kemarin.
Sementara itu, Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI yang juga Asisten III Pemkot Makassar Mario Said, menjelaskan untuk agenda bersih-bersih kanal, selain melibatkan pegawai lingkup Pemkot Makassar, juga masyarakat umum.

The post Wawali Akui Proses di Longwis Lambat appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version