Warning Kades Soal Reposisi Perangkat Desa
axel wiryanto
Friday, 17 November 2023 14:46 pm
dibaca 162 kali

SIDRAP, BKM — Wabup Sidrap H Mahmud Yusuf melantik dan mengambil sumpah dua Kepala Desa (Kades) terpilih pada Pilkades serentak beberapa waktu lalu di Kecamatan Maritengngae Gedung Islamic Center Masjid Raya Pangkajene, Kamis (16/11). Dua Kades yang dilantik yakni Kades Allakkuang, Zainuddin Laombeng dan Kades Takkalasi, Sudarmin.

Wabup mengingatkan kepada para Kades agar berhati-hati dalam mengganti perangkat desa dan mengelola anggaran dana desa. Kondisi yang sering terjadi setelah pemilihan Kades adalah penggantian perangkat desa karena dianggap tidak memihak atau loyal sehingga mengakibatkan meningkatnya pengaduan terkait tindakan Kades memberhentikan perangkat desa di luar ketentuan peraturan perundang-undangan.
“Tentunya ini berdampak terhadap banyaknya sengketa tata usaha negara antarkades dan perangkat desa,” sebutnya.

Olehnya itu, Mahmud menegaskan kepada seluruh Kades yang telah disumpah dan dilantik agar selalu mentaati semua aturan-aturan tentang pemerintahan desa termasuk prosedur penggantian perangkat desa. Mengingatkan kepada para Kades untuk hati-hati dalam menggunakan anggaran dana desa. Saat ini pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang tidak sedikit nilainya untuk pembangunan desa, baik ADD yang bersumber dari APBD maupun dari APBN.
Untuk itu, Wabup Sidrap berharap kepada para Kades perangkat desa, BPD agar melaksanakan pengelolaan keuangan desa sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku dengan asas transparan, akuntabel, partisipatif dan dilakukan dengan tertib dan disiplin penggunaan anggaran.
“Tegas, saya perlu ingatkan lagi untuk tidak mempermainkan anggaran tersebut karena aparat pemerintah dan penegak hukum serta masyarakat akan senantiasa melakukan pengawasan penggunaannya,” tegasnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades terpilih dihadiri Wakapolres Sidrap, Kompol M. Akib, Kapolsek Maritengngae, Iptu H. Alwi, Danramil 1420-03/Maritengngae Lettu Cpl Junarman, Kasi Pidsus, Abdulrahim, dan Kepala Dinas Pemdes dan PPA, Abbas Aras. Acara turut dihadiri camat Maritengae, Andi Surya Praja Hadiningrat, sejumlah pejabat Pemkab Sidrap, tokoh masyarakat, panitia pemilihan kepala desa serta undangan lainnya. (ady/C)

source