Wadah Bagi Mahasiswa untuk Belajar Wirausaha
axel wiryanto
Wednesday, 31 August 2022 09:53 am
dibaca 361 kali

MERDEKA Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi semangat bagi kalangan akademisi dalam berinovasi. Tak terkecuali Program Studi (Prodi) Agrobisnis Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas). Agrofish market pun dihadirkan. Untuk apa?

ADA tiga orang perempuan yang terkait dengan pengelolaan dan agrofish market Prodi Agrobisnis Perikanan FIKP Unhas. Mereka adalah Ketua Prodi Dr Sitti Fakhriyyah, Ketua Unit Agrobisnis dan Kewirausahaan Dr Sri Suro Adhawaty, serta dosen Kewirausahaan dan Manajemen Kewirausahaan Arie Syahruni Cangara. Ketiganya ditemui di lokasi agrofish market kampus Unhas.

Sitti Fakhriyyah menjelaskan, sebenarnya ada empat lab di Prodi Agrobisnis Perikanan. Salah satu di antaranya adalah lab agrobisnis dan kewirausahaan. Penempatannya di luar area fakultas, namun masih tetap berada di bawah naungan Unhas. Lab ini dihadirkan sebagai tempat pemasaran untuk mendekatkan hasil produksi dengan konsumen.

”Di tahun 2009 kami dapat sejumlah dana hibah yang arahnya kewirausahaan. Karena itulah kami berinisiatif membentuk lab bisnis dan kewirausahaan. Dalam perjalanannya, membaca pasar dengan pola MKBM, kita tidak boleh hanya terkurung dalam lab saja. Melalui agrobisnis kita mengajak mahasiswa untuk merasakan bagaimana melakukan transaksi secara ril. Dengan begitu kita dapat mengetahui sejauh mana pencapaian pembelajaran,” ungkap Ria, sapaan akrab Dr Sitti Fakhriyyah.

Selain itu, lanjut Ria, ada lima poin besar dari pembentukan lab bisnis dan kewirausahaan. Pertama adalah mahasiswa agrobisnis bisa memahami titik-titik penting dalam usaha pada setiap tahapannya. Kedua, mampu membuat catatan kronologis penjualan. Ketiga, mahasiswa dapat membuat laporan keuangan cash flow dengan diawasi langsung oleh dosen dan pendamping kewirausahaan.

The post Wadah Bagi Mahasiswa untuk Belajar Wirausaha appeared first on Berita Kota Makassar.

source