Wabup Hadiri Rapat Optimalisasi Penyerapan Gabah
axel wiryanto
Monday, 24 October 2022 19:20 pm
dibaca 217 kali

SOPPPENG, BKM — Wakil Bupati Soppeng, H Lutfi Halide menghadiri rapat Optimalisasi Penyerapan Gabah/Beras CBP di Claro Hotel Makassar, Kamis (20/10).
Kehadiran Wabup sekaligus menandatangani komitmen pangadaan beras dengan Perum Bulog dan disaksikan Gubernur Sulsel.

Gubernur Sulsel H Andi Sudirman Sulaiman mengatakan menindak lanjuti rapat sebelumnya rapat mengenai masalah inflasi, karena Sulsel bukan bermasalah pada produksinya, melainkan pada penyetikan pencadangannya dan penjualan harga pasarnya. Sehingga perlu disampaikan bahwa Sulsel 25 persen adalah cadangan Bulog Indonesia dan Sulsel mampu mensuplai kurang lebih 27 provinsi di seluruh Indonesia.

Banyak petani yang gagal panen dikarenakan serangan hama yang sangat berpotensi untuk merusak pertumbuhan padi itu sendiri. Disamping itu banyak juga daerah yang menahan atau mencegah penjualan gabah dan stok gabah dan beras ke luar daerah karena takut stok beras di daerah mereka terkuras habis.
Ditambahkan Gubernur pada kondisi ini ada kondisi dimana kita harus berkontribusi untuk negara. Olehnya harus ada dedikasi untuk kita dan negara minimal 10 persen gabah petani untuk di stok oleh bulog, 10 persen tidak membuat kita miskin untuk para pengusaha-pengusaha gabah di Sulsel ini. Apalagi sangat berguna bagi kestabilan perekonomian di Sulsel dan bahkan di Indonesia.

Bulog jelas Sudirman akan berperan sebagai stabilizer pangan beras yang di mana pada saat harga beras melambung tinggi di pasaran maka Bulog yang berperan memberikan harga normal atau lebih murah dari harga normal ditengah harga beras yang jauh melambung tinggi di pasaran saat ini. (ono/C)

The post Wabup Hadiri Rapat Optimalisasi Penyerapan Gabah appeared first on Berita Kota Makassar.

source