Site icon ROVINDO

Wabup Gowa Minta Masyarakat-TNI Bersinergi

GOWA, BKM — Program sinergitas TNI dengan masyarakat kembali digelar dalam kegiatan TMMD atau TNI Manunggal Membangun Desa. Kali ini TMMD ke-119 tingkat Kabupaten Gowa dipusatkan di Desa Panaikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.
Pada Selasa siang (20/2), di Lapangan Desa Panaikang, program TMMD ke-119 ini dibuka resmi bupati Gowa diwakili Wabup Gowa, Abdul Rauf Malaganni bersama Dandim 1409, Letkol Inf Muh Isnaeni Natsir dihadiri para perwira lingkup Kodim 1409 Gowa dan Danramil dalam wilayah teritorial Kodim 1409 Gowa.

Dalam kesempatan membuka resmi pelaksanaan TMMD ini, Wabup Abdul Rauf Malaganni mengatakan, program TMMD ini memberikan kontribusi penting dalam peningkatan daerah.
”TMMD adalah sebuah program terpadu antara TNI dan Pemerintah Kabupaten Gowa untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah dengan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat, selain itu TMMD juga diharapkan dapat mempererat kemanunggalan TNI dan masyarakat,” sebut Rauf.
Program TMMD tahun ini merupakan TMMD keempat yang dilaksanakan selama periode kepemimpinannya bersama Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.
Karena itu, menurut Rauf, suksesnya program ini tidak lepas dari kolaborasi dan sinergitas yang baik antara TNI-Pemkab Gowa serta seluruh masyarakat.
”Mari kita bersama-sama mendukung terlaksananya program TNI ini, sebab pembangunan daerah tidak bisa dilaksanakan sendiri, tapi harus dengan partisipasi aktif semua pihak termasuk TNI,” kata Rauf.

Atasnama pemerintah, Rauf pun berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat semoga program ini tidak hanya berhenti di desa Panaikang, tapi bisa diperluas hingga desa-desa lain, sehingga juga dapat merasakan manfaat dari program TMMD.
”Terima kasih kepada TNI atas dedikasi dalam membantu pembangunan di Kabupaten Gowa, serta kepada semua yang telah berkontribusi pada kesuksesan program ini semoga kebersamaan ini membawa berkah dan kemajuan untuk kita semua,” ucap Wabup Gowa.
Sementara, Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf Muh Isnaeni Natsir, mengatakan, kegiatan TMMD ini akan berlangsung mulai 20 Februari sampai 20 Maret 2024 dengan tiga program kegiatan, yakni kegiatan fisik, non fisik dan program unggulan KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat).
Disebutkan Dandim, Letkol Inf Muh Isnaeni, untuk kegiatan fisik akan melakukan perintisan jalan Biring Romang di Dusun Saile ke Dusun Tanakaraeng berupa pengerasan jalan sepanjang 2.000 meter dengan lebar 6 meter dan pembuatan plat duiker 2 unit.
Sedangkan untuk kegiatan non fisik, pihaknya akan melakukan penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan kesehatan dan penyuluhan narkoba.
Sementara program KSAD yakni manunggal air bersih, RTLH, penanaman pohon, penanganan stunting, perbaikan rumah ibadah dan perbaikan sekolah,” jelasnya.
Dalam prosesi pembukaan TMMD tersebut, Wabup Gowa menyerahkan simbolis peralatan kerja kepada para petugas yang terdiri dari prajurit TNI AD, Kepolisian serta masyarakat umum.
Kegiatan pembukaan ini dihadiri Aspotdirga Pangkoopsau II, Kolonel Lek Sudirman, Aspotmar Danlantamal VI Makassar, Kolonel Laut Martinus Hary Wibowo, Kasubag Log Polres Gowa, Kompol Tamba Hamid, Camat Pattallassang, Pangeran serta sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (sar)

source

Exit mobile version