Site icon ROVINDO

UNM Kembangkan Sarana dan Prasarana Berbasis Digital

MAKASSAR, BKM — Era Baru Menuju Keemasan Universitas Negeri Makassar menjadi tema Dies Natalis ke-63 UNM tahun ini. Tema tersebut diartikan sebagai pencerahan oleh Rektor UNM Prof Karta Jayadi. Menurutnya, perguruan tinggi harus terus bertumbuh dalam rangka akselerasi.
“UNM harus berkembang dalam status perguruan tinggi dengan mengembangkan SDM, pemberian reward, serta sarana dan prasarana berbasis digital. Sarana dan prasarana berbasis digital sangat penting untuk direalisasikan guna meningkatkan kualitas pendidikan di UNM itu sendiri,” ujar Prof Karta Jayadi, kemarin.

Ditegaskan bahwa sarana dan prasarana berbasis digital akan mendekatkan persoalan yang rumit menjadi lebih sederhana. “Sarana dan prasarana berbasis digital ini penting karena mendekatkan persoalan yang rumit menjadi lebih sederhana. Itulah pentingnya pendidikan yang menggunakan digitalisasi sebagai penunjangnya,” terangnya.
Selain sarana dan prasarana, Rektor Prof Karta Jayadi juga menyampaikan bahwa pihaknya akan memaksimalkan sumber daya manusia yang ada. Ia akan memberikan akomodasi bagi dosen yang saat ini masih S2 akan dibantu untuk lanjut ke jenjang pendidikan S3.

Saat ini di UNM terdapat sekitar 5 persen tenaga dosen yang masih jenjang S2 sehingga harus difasilitasi. Sedangkan untuk tenaga dosen yang telah berstatus doktor akan diakomodasi menjadi guru besar dalam rangka pengembangan kualitas pendidikan yang ada di kampus ini.
“Jika sarana dan prasarana, kualitas tenaga pengajar, serta diiringi dengan kemampuan mahasiswa yang mampu mengikuti pola pembelajaran, maka target menjadi 20 besar universitas terbaik dapat tercapai. Saya optimis bisa mencapai target tersebut,” tegas Prof Karta Jayadi.
Hanya saja, lanjut Prof Karta, untuk mencapai hal itu harus melewati tahapan-tahapan terlebih dahulu, seperti kelas-kelas yang memiliki pencahayaan, pendingin udara serta smart board yang diperuntukkan guna menunjang metode pembelajaran mahasiswa.

“Ini sebagai realisasi atas kerinduan iklim kampus yang berkualitas. Saat ini tahap pencanangan sarana dan prasarana berbasis digital sudah pada tahap pendataan, dan ditargetkan tahun ini akan terealisasi dua kelas di setiap fakultas,” tandasnya.
Lebih jauh disampaikan, objektivitas pembuatan dan pelaksanaan program harus diselesaikan dengan tuntas. Sebab, proses pengembangan institusi perguruan tinggi dari semua sektor acapkali terjadi pengulangan kegiatan yang mestinya sudah fase pembenahan pada sektor lainnya.
Penunjang proses belajar dan mengajar menjadi arah pasti peningkatan yang akan dilakukan. Seperti pada ruangan perkuliahan akan dilakukan pembaruan terhadap fasilitas seperti white board menjadi smart board.

Sebagai rangkaian Dies Natalis ke-63 UNM, digelar sejumlah kegiatan. Antara lain seminar nasional yang melibatkan para peneliti. Pertandingan olahraga, seperti tenis lapangan yang diikuti oleh jajaran internal UNM hingga club tenis untuk prestasi. Ada pula turnamen bulutangkis untuk jajaran internal UNM . Bola voli yang diikuti oleh internal UNM dan mahasiswa antarfakultas, serta futsal yang diikuti oleh dosen hingga mahasiswa. (yus)

source

Exit mobile version