Tragedi di Panggung: Fatman Scoop Meninggal Dunia di Konser Green & Gold Party di Connecticut
axel wiryanto
Monday, 02 September 2024 06:53 am
dibaca 27 kali

MAKASSAR, BKM — Rapper asal Amerika Serikat, Fatman Scoop, dikabarkan meninggal dunia setelah pingsan di tengah penampilan konser gratis di Connecticut pada Jumat malam, menurut laporan terbaru theguardian.

Artis kelahiran New York yang bernama asli Isaac Freeman III ini sedang menjadi bintang utama di acara yang disebut Green & Gold Party di Hamden, Connecticut, ketika mengalami apa yang disebut sebagai darurat medis. Dalam sebuah video yang diunggah di X, terlihat bahwa ia pingsan di belakang meja DJ setelah meminta penonton untuk “bersorak”.

Rapper berusia 53 tahun ini, yang dikenal lewat kolaborasinya dengan Missy Elliott dan Ciara dalam hit 2005 “Lose Control”, serta lagu Mariah Carey “It’s Like That”, dibawa ke rumah sakit setempat di mana ia dinyatakan meninggal dunia.

“Suara dan energi Fatman Scoop telah memberikan kontribusi besar bagi banyak lagu yang membuat orang merasa bahagia dan ingin menari selama lebih dari 2 dekade,” kata Missy Elliot dalam sebuah unggahan di X. “Dampakmu sangat besar dan tidak akan pernah terlupakan.”

Fatman Scoop meraih kesuksesan awal di Inggris dan Irlandia ketika rilis ulang lagu “Be Faithful” – yang diproduksi oleh duo hip-hop Amerika Crooklyn Clan – memuncaki tangga lagu pada tahun 2003. Lagu ini juga mencapai 10 besar di Australia dan Denmark.

Lagu tersebut merupakan gabungan dari “Love Like This” oleh Faith Evans – yang diambil dari sampel Chic’s “Chic Cheer” tahun 1978 – dan memerlukan waktu bertahun-tahun untuk izin rilis luas karena banyaknya sampel tambahan yang digunakan.

Evans kemudian mengingat dalam wawancara dengan Times bahwa suaminya, Notorious BIG, sedang berlibur di St Tropez ketika seseorang memutar lagu Fatman.

“Wanita ini agak mabuk, dan dia mendekati suami saya dan berkata: ‘Pria, aku suka lagu ini – siapa mereka?’ Itu adalah pertama kalinya kami menyadari seberapa besar lagu tersebut. Itu lucu, tapi juga keren – mereka tidak mengenal saya jika saya duduk di samping mereka, tapi mereka tahu lagu saya! Sekarang aku mencoba menjangkau orang-orang yang tahu lagu itu dan mengenaliku dengan nama saya.”

Fatman Scoop juga berkolaborasi dengan sejumlah artis terkenal lainnya, termasuk Janet Jackson dan Whitney Houston. Pada tahun 2004, ia dipilih untuk membimbing enam musisi Inggris dalam serial TV Inggris, Chancers. Ia juga tampil dalam serial anime “The Boondocks” dan membuka kedai es krim miliknya sendiri.

Agen pemesannya, MN2S, mengatakan: “Scoop adalah sosok yang dicintai di dunia musik , karya-karyanya dicintai oleh banyak penggemar di seluruh dunia. Suara ikoniknya, energi yang menular, dan kepribadiannya yang luar biasa memberikan jejak yang tak terlupakan di industri.”

Kematian Fatman Scoop terjadi 13 bulan setelah rapper Houston, Big Pokey, meninggal dunia setelah pingsan di panggung sebuah bar di Beaumont, Texas, menurut publicist musisi tersebut. Bintang rap, yang dikenal sebagai bagian dari kolektif Screwed Up Click, berusia 48 tahun.

source