TPP ASN Pemkot Cair, Alokasinya Rp14 Miliar
axel wiryanto
Sunday, 07 April 2024 02:22 am
dibaca 79 kali

MAKASSAR, BKM — Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Makassar akhirnya bisa bernapas lega. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah memberi rekomendasi serta persetujuan untuk pembayaran tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).
Pencairan TPP tersebut mulai dilakukan, Kamis (4/4) kemarin. Padahal sebelumnya, para pegawai Pemkot Makassar mulai khawatir pencairan tak kunjung tiba jelang Lebaran Idulfitri 1445 H.
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Makassar Muh Dakhlan menyampaikan pihaknya sejak pekan lalu memproses pencairan TPP untuk para ASN Pemkot.

Beruntung, pemberkasan pencairan bisa diproses Kamis, 4 April 2024 berkat kemudahan pemerintah pusat.

“Alhamdulillah, TPP Pemkot Makassar hari ini (kemarin) mulai bisa dicairkan. Ini berkat koordinasi masif dengan Kemendagri dengan Pemkot Makassar. Apalagi saya lihat Kemendagri berikan kemudahan ke pemerintah daerah, termasuk kita,” ungkap Muh Dakhlan, kemarin.
Dakhlan menjelaskan, Pemkot Makassar masih beruntung bisa mendapat persetujuan Kemendagri mengenai pencairan TPP.

Pasalnya, Pemkot Makassar terlambat mengajukan dokumen pencairan ke pemerintah pusat.

“Jadi sebenarnya kita terlambat mengusulkan. Sama beberapa daerah lain, agak telat. Tapi Kemendagri memberikan kemudahan ke daerah sehingga TPP ASN Pemkot Makassar disetujui kemarin (Rabu, 3 April) dan hari ini mulai pencairan,” tegasnya.
Diketahui, pemberian TPP sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2024 tentang Pemberian THR dan Gaji Ketiga Belas Kepada ASN, Pensiun, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan Pada 2024.

Serta menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 900.1.1/ 1369/SJ tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2024. Alokasi anggaran TPP ASN Pemkot Makassar sekira Rp14 miliar.
Sehari sebelumnya, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Lebaran Idulfitri, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menerima curhat terkait TPP yang tidak kunjungan cair. Keluhan tersebut dilayangkan oleh para lurah, camat, dan pejabat lain yang mengikut Rakor.

Danny pun dengan cepat melakukan koordinasi dengan Kepala BPKAD untuk menanyakan apa kendala yang dihadapi sehingga TPP ASN tak kunjung cair.

Ternyata, pencairan TPP masih menunggu persetujuan dari Kemendagri. Kepada peserta rapat, Danny menyampaikan tetap optimis jika TPP para ASN tersebut masih bisa dicairkan sebelum lebaran. (rhm)

source