Tim LP2M Unhas Gelar Pelatihan Produksi Kompos dan Pakan Suplemen Sapi di Gowa
axel wiryanto
Friday, 30 September 2022 11:44 am
dibaca 224 kali

MAKASSAR, BKM — Tim peneliti Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unhas menggelar pelatihan produksi kompos dan pakan suplemen untuk ternak sapi di Kelurahan Kalase’rena, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Kamis (29/9/2022).

Kegiatan ini adalah kerja sama antara LP2M Unhas khususnya Program Pengabdian Masyarakat (PPM) skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Ketua tim kegiatan dari LP2M Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Irfan Said, S.Pt, M.P, IPM, ASEAN Eng dalam keterangannya menyebutkan, saat ini pemanfaatan limbah ternak dalam bentuk produk komersial perlu terus dikembangkan di masyarakat sebagai salah satu upaya dalam memberdayakan ekonomi masyarakat.

Menurutnya, berbagai inovasi teknologi yang terkait dengan hal tersebut harus terus disosialisasikan dan diterapkembangkan khususnya bagi para petani-peternak di pedesaan.

“Hari ini kami melakukan kegiatan pelatihan pembuatan kompos bagi mitra anggota kelompok tani/ternak “Ballaparang” di Kelurahan Kalase’rena, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa,” papar Prof Irfan.

Setelah kegiatan ini, kata Prof Irfan, akan dilakukan program pendampingan teknologi selama September hingga November 2022.

“Jenis teknologi yang diterapkembangkan adalah teknologi produksi kompos dengan memanfaatkan limbah ternak sapi pedaging serta produksi urea molases multinutrisi blok (UMMB) yang merupakan salah satu jenis pakan penguat (feed supplement) untuk meningkatkan performa ternak sapi pedaging,” jelasnya.

The post Tim LP2M Unhas Gelar Pelatihan Produksi Kompos dan Pakan Suplemen Sapi di Gowa appeared first on Berita Kota Makassar.

source