Site icon ROVINDO

Tiga Moda Transportasi di Sulsel Berintegrasi

MAKASSAR, BKM — Transportasi Sulsel akan terus melakukan kemajuan, kini integrasi dilakukan dengan melibatkan tiga moda transportasi yakni udara, darat dan laut. Rencananya moda transportasi ini bakal dimaksimalkan untuk semua jangkauan akses, serta menggunakan alat digital.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Suharto mengatakan, untuk tahap awal ini integrasi yang bisa terkoneksi masih terbatas. Baru jalur Bandara-Stasiun Kereta Api Maros-Stasiun Rammang-Rammang-Dermaga 1 Rammang-Rammang.

“Kedepan akan menggunakan sistem digital, cukup satu kartu yang bisa diterima seluruh moda, baik darat, laut di beberapa wilayah selatan, maupun kereta api dan udara,” ujarnya, Selasa (7/2).
Lebih lanjut dia mengatakan, launching ini merupakan tonggak awal untuk membuktikan, Sulsel sudah siap menghadapi perkembangan teknologi. Termasuk juga kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan hal ini.
”Saat ini dalam tahap finalisasi untuk sistem IT. Intinya hari ini kami perkenalkan bahwa tidak lama lagi akan gunakan sistem kartu berbayar yang terintegrasi. Ini tonggak awal Sulsel, yang sudah punya kebijakan untuk mengintegrasikan sistem pembayaran,” lanjutnya.
Suharto juga menilai, semua perbankan sudah mendukung hal ini. Sebab, semua produk perbankan akan terintegrasi ke sistem yang sama. Sehingga, masyarakat akan dimudahkan dan perbankan juga diuntungkan.
”Jadi masyarakat tidak keharusan punya satu merk kartu saja. Kartu apa pun bisa dipakai untuk moda apa pun yang ada di wilayah Sulsel,” bebernya.

The post Tiga Moda Transportasi di Sulsel Berintegrasi appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version