Site icon ROVINDO

Tiga Komoditi Beri Andil Inflasi Terbesar di Januari

MAKASSAR, BKM — Di bulan Januari 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi gabungan lima kota di Sulawesi Selatan sebesar 0,63 persen (mtm) atau lebih rendah dibandingkan dengan inflasi pada Desember 2022 sebesar 0,71 persen (mtm).
Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulsel M Firdauz Muttaqin menerangkan secara spasial, kelima kota di Sulsel, yakni Bulukumba, Watampone, Makassar, Parepare, dan Palopo mengalami inflasi pada bulan laporan. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Makassar sebesar 0,67 persen, sementara inflasi terendah terjadi di Kota Parepare yakni 0,38 persen.

Dengan perkembangan tersebut, inflasi gabungan lima kota IHK di Sulawesi Selatan secara tahunan tercatat sebesar 5,83 persen (yoy) atau lebih tinggi dari inflasi nasional sebesar 5,28 persen (yoy).
“Inflasi bulanan terjadi pada hampir pada seluruh kelompok komoditas, kecuali kelompok pakaian dan alas kaki serta kelompok transportasi,” jelasnya. Kelompok makanan, minuman, dan tembakau menyumbang inflasi dengan andil terbesar (0,84 persen; mtm).

Dia melanjutkan, berdasarkan jenis komoditas kangkung, ikan cakalang, dan beras merupakan tiga komoditas dengan andil inflasi terbesar di periode laporan. “Hal ini dipengaruhi oleh kondisi cuaca yang kurang kondusif dan gelombang yang tinggi,” tambahnya.
Inflasi yang lebih tinggi tertahan oleh komoditas angkutan udara, bensin, dan bawang merah yang mengalami deflasi sejalan dengan penurunan harga avtur dan pasokan yang terjaga.
Menurut Firdaus, secara tahunan seluruh kelompok komoditas di Sulsel mengalami inflasi. Komoditas bensin dan angkutan udara mengalami inflasi dengan andil terbesar yang masih terpengaruh oleh dampak kenaikan harga BBM subsidi per September 2022 dan harga avtur yang tinggi.

The post Tiga Komoditi Beri Andil Inflasi Terbesar di Januari appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version