Tiga Bus Listrik Siap Antar Anak Sekolah
axel wiryanto
Friday, 29 December 2023 13:50 pm
dibaca 233 kali

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perhubungan menyiapkan tiga bus baru bertenaga listrik diperuntukkan bagi antar jemput anak sekolah.
Tiga bus tersebut dilaunching Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di sela-sela kegiatan Refleksi Akhir Tahun, di Hotel Four Point, Jl Andi Djemma, Rabu (27/12).

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, bus listrik yang di-launching ini merupakan komitmen kota dalam menjalankan program zero carbon, sekaligus program jagai anakta.
“Mobil listrik ini hadir sebagai komitmen kita sebagai kota low carbon dan komitmen pemerintah pusat Pak Presiden. Kedua kita wujudkan program jagai anakta, dimana anak-anak itu betul-betul bisa terjaga. Terutama anak sekolah kita,” ujar Danny.
Kemudian ini juga menjamin program semua anak di Makassar harus sekolah.

Sebab masiha ada beberapa keluhan tak adanya angkutan ke sekolah.
Danny mengatakan pengadaan ini menjadi tahap pertama, pihaknya akan mengadakan sebanyak 15 unit, di tahap selanjutnya.
“Jadi mobil listrik ini dimulai dari tiga mobil listrik dulu ini adalah tahap pertama. Saya kira harus lebih banyak lagi, saya sih target 15, 1 unit per kecamatan,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Makassar, Aulia Arsyad menerangkan, muatan untuk satu busnya bisa mencapai 29 kursi. Kemudian di dalamnya juga telah dilengkapi 5 buah kamera yang memantau aktifitas anak-anak di dalam.

Yang mana kelimanya akan terkoneksi langsung ke wifi.
Aktivitas anak-anak ini kata dia bisa dengan leluasa dipantau secara daring di warroom pemkot Makassar.
Aulia mengatakan untuk operasinya sendiri masih akan dibicarakan, sebab akan melihat titik-titik mana saja yang banyak disinggahi anak-anak.
“Kalau untuk anggaraannya itu untuk tiga unit sebesar Rp3,3 miliar,” ujar Aulia.
Dia mengatakan, operasionalnya baru akan jalan di bulan depan dan sepenuhnya gratis. (rhm)

source