Tiga Balon Senator Bisa Lirik Senayan dan DPRD Sulsel
axel wiryanto
Thursday, 26 January 2023 23:44 pm
dibaca 152 kali

MAKASSAR, BKM–Tiga bakal calon (Balon) senator atau Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI tetap berpeluang menjadi wakil rakyat melalui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.
Ketiganya yakni Aliyah Mustika Ilham, Novianus YL Patanduk, dan HAM Irsan Idris Galigo manakala berkasnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel.

Aliyah Mustika kini masih tercatat sebagai Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Novianus pernah maju ke DPRD Sulsel lewat Dapil Makassar B, dan meraih suara terbanyak, namun tidak sempat dilantik. Sedangkan Andi Irsan Idris Galigo juga pernah tercatat sebagai Anggota Fraksi Golkar DPRD Sulsel.
Sebelumnya, Aliyah mengaku jika niatnya menjadi senator diurungkan karena sang suami yakni Ilham Arief Sirajuddin juga batal maju ke DPR RI.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga Balon senator asal Sulsel terancam dicoret. Hasil verifikasi awal menunjukkan surat dukungan yang disetor kurang dari syarat minimal. Data itu terungkap dalam rapat pleno KPU Sulsel, di Mercure Hotel Makassar, Senin (23/1).

Rapat pleno itu dihadiri empat komisioner KPU Sulsel.
Dari rapat itu diketahui, dari 34 Balon yang mendaftar, sebagian besar dokumennya belum memenuhi syarat (BMS). Ketua Divisi Penyelenggaraan Pemilu KPU Sulsel, Asram Jaya menjelaskan, pada tahap awal, ada 29 orang yang BMS. Hanya lima calon yang memenuhi syarat (MS) tahap awal. Selanjutnya, dari jumlah BMS itu, terdapat 26 calon yang telah menyerahkan perbaikan. Empat dari lima Balon MS juga ikut menyerahkan perbaikan berkas dukungan.
Satu lainnya tidak menyerahkan perbaikan dukungan karena dokumennya sudah tidak ada masalah. Dia adalah Andi Maradang Mackulau. Sementara tiga Balon lainnya yang BMS tidak menyerahkan perbaikan dokumen hingga digelarnya rapat pleno KPU Sulsel.

The post Tiga Balon Senator Bisa Lirik Senayan dan DPRD Sulsel appeared first on Berita Kota Makassar.

source