Terminal Baru Bandara Mulai Dioperasikan
axel wiryanto
Minggu, 30 Juni 2024 16:21 pm
dibaca 24 kali

MAKASSAR, BKM — PT Angkasa Pura I mulai mengoperasikan terminal baru Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulsel, mulai pukul 00.00 Wita, Rabu (26/6).

Awalnya, gedung terminal baru yang didesain mirip kupu-kupu itu akan dioperasikan mulai, Rabu (19/6/2024), namun batal karena alasan dokumen administrasi belum lengkap.

PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Sultan Hasanuddin pun mulai menyebar surat pemberitahuan operasional terminal kepada pihak terkait, terkhusus pimpinan TNI dan Polri, mitra usaha, dan mitra kerja.

Dalam surat ditandatangani GM Bandara Sultan Hasanuddin, Minggus ET Gandeguai tertanggal 24 Juni 2024, disampaikan bahwa layanan check-in, pemeriksaan boarding pass, pemeriksaan keamanan, dan jalur menuju ruang tunggu dipindahkan ke gedung baru.

Untuk menuju ke gedung baru, terminal utama, calon penumpang dan pengantar akan melewati jalan layang (fly over).

Jalur kendaraan VIP akan ditutup. Gedung parkir juga kini dipindahkan ke terminal utama.

“Kami mengimbau kepada calon pengguna jasa untuk menyesuaikan terhadap perubahan ini demi kelancaran proses penerbangan,” ujar Minggus ET Gandeguai, Selasa (25/6).

Bagi penumpang transfer, kata Miggus, untuk keluar melalui area kedatangan terminal existing.

Pihaknya akan menyediakan fasilitas shuttle bus untuk mengangkut penumpang transfer menuju ke terminal baru.

Waktu tempuh dari area check-in menuju ruang tunggu akan membutuhkan waktu tambahan sekitar 10-15 menit dibanding saat di terminal lama.

“Untuk itu, kami juga mengimbau kepada para calon penumpang pesawat udara untuk dapat tiba di bandara lebih awal,” tambah Minggus mengatakan.

Guna memudahkan calon penumpang dalam penyesuaian lokasi terminal utama Bandara Sultan Hasanuddin, manajemen Angkasa Pura I juga telah menyiapkan petugas operasional untuk membantu penumpang yang membutuhkan. (jun)

source