Telkom Regional 5 Gelar BIC untuk Siswa SMA dan SMK di Sulsel
axel wiryanto
Wednesday, 18 September 2024 22:48 pm
dibaca 13 kali

MAKASSAR, BKM — Untuk mengembangkan potensi generasi muda dalam bidang kewirausahaan, Telkom Regional 5 melaksanakan Business Idea Competition (BIC).
Kegiatan bertajuk ‘Mahir Berbisnis dengan Pijar Mahir’ dikhususkan siswa SMA/SMK/Sederajat di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) yang memiliki minat dan ketertarikan dalam dunia bisnis.
Kompetisi ini dirancang dengan tujuan sebagai wadah bagi peserta untuk menyalurkan ide, pengetahuan dan kreativitas dalam dunia bisnis. Pada 14 September 2024 telah dilaksanakan Sharing Session Day untuk peserta yang berhasil lolos ke babak selanjutnya.

Peserta yang lolos yaitu SMA Islam Athirah 1, SMA Zion, SMA Negeri 5 Makassar, SMA Negeri 21 Makassar, SMAN 2 Makassar, SMA Negeri 17 Makassar, SMK Negeri 6 Makassar, dan SMK Telkom Makassar.
Tak hanya SMA di Makassar, hadir pula SMA Semen Tonasa Pangkep dan MAN 1 Soppeng. Seluruh peserta yang terdiri dari 13 tim diberikan kesempatan untuk memperdalam wawasan mereka melalui sesi sharing bersama para praktisi.

Masing-masing Muhammad Ilham Esman selaku Officer Order Alignment & Analyst Telkom Regional 5, Ahmad Fadli Taufik selaku Founder & Marketing Head Tapada, serta Magfirah Amalia selaku Content Creator Telkom Regional 5 sekaligus Canva Expert. 
Manager Small Medium Enterprise Support Telkom Regional 5, Febrianty, menyampaikan, kegiatan ini menjadi bekal bagi peserta untuk mendapat ilmu dari para praktisi serta memvalidasi ide bisnis yang telah mereka rancang.

”Sharing session ini menjadi bekal untuk mempersiapkan diri teman-teman peserta sebelum memasuki tahap pitching dan untuk memvalidasi apakah bisnisnya benar bisa dijalankan,” ujarnya.
Muhammad Ilham Esman sebagai salah satu narasumber, dalam sesi sharing session mengungkapkan, dirinya tidak menyangka ide-ide yang telah ditampilkan peserta ternyata banyak yang out of the box.
”Tinggal nantinya bisa dipresentasikan dengan baik menggunakan ilmu yang telah didapatkan hari ini,” ujar Ilham.
Hal serupa juga diungkapkan Ahmad Fadli Taufik. Dikatakan, Business Idea Competition menjadi ruang yang baik untuk para peserta memperbanyak ilmu dan mengasah kemampuan berwirausaha. Ia berharap, nantinya semakin banyak kompetisi serupa untuk dapat di ikuti kalangan pelajar. 

Ahmad Akbar Zaini sebagai salah satu peserta Business Idea Competition, mengungkapkan, adanya kompetisi ini menjadi kesempatan bagi timnya untuk memperdalam pengetahuan dalam dunia bisnis.
”Hal ini adalah kesempatan pertama bagi saya mengikuti kompetisi bisnis dan juga menjadi motivasi untuk mengembangkan kemampuan berwirausaha,” ujarnya. 
Nantinya setelah sharing session, peserta akan diseleksi kembali untuk bisa mempresentasikan ide bisnisnya ke depan para juri di sesi pitching & rewarding pada tanggal 25 September 2024.
Melalui kegiatan ini, Telkom Regional 5 berharap pelajar SMA/SMK di Sulsel dapat semakin termotivasi untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam berbisnis dan menjadi pengusaha muda di masa depan. (mir)

source