Tator Darurat Bunuh Diri
axel wiryanto
Saturday, 04 February 2023 05:02 am
dibaca 170 kali

MAKALE, BKM — DPRD Tana Toraja menyikapi kasus bunuh diri (Mentuyo) yang terjadi di Tana Toraja. Sepanjang Januari 2023 sudah lima kasus terjadi kasus gantung diri hingga tewas.
Langkah ini dilakukan para wakil rakyat usai DPRD menerima aspirasi masyarakat terkait maraknya kasus bunuh diri, Rabu (1/2). Gabungan komisi menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan dua OPD teknis yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A).

Kadis DP3A Rospita Napa dan Plt Kadis Pendidikan Andarias Lebang turut hadir.
Anggota Fraksi Partai Demokrat Kristian HP Lambe mengatakan salah satu faktor orang kerap bunuh diri (Mentuyo) karena ingin lepas dari penderitaan.
Penyebab orang bunuh diri dominan dikalangan remaja gegara persoalan asmara sehingga memilih menakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Menurut Kristian, penyebab gantung diri multi efek dan tidak berdiri sendiri hanya satu persoalan.

Dari hasil penelitian jelas Kristian begitu tingginya kasus bunuh diri di Toraja menjadikan daerah ini darurat kasus bunuh diri.
Yariana Somalinggi dari Fraksi Golkar mengatakan salah satu faktor remaja depresi dan pupus harapan lantaran tidak mampu mengatasi tekanan jiwa dan kebanyakan terjadi di kalangan remaja.
”Kerap bunuh diri dilakukan orang dari kampung yang kurang mendapat pengawasan, termasuk lemah pengawasan pemilik rumah kos,” jelasnya.

Kedepan pemerintah sudah saatnya menyeimbangkan pembangunan fisik dengan kegiatan sosial kemasyarakatan. Pendidikan anak mulai dari usia dini hingga remaja diperkuat kemandirian yang positif sehingga punya kemampuan mengatasi masalah. Termasuk penggunaan medsos yang terkendali dan punya batasan yang wajar.
Kadis DP3A, Rospita Napa, tahun 2022 lalu kekerasan perempuan dan anak sebanyak 75 kasus dilakukan pendampingan bersama PPA Polres Tana Toraja.
”Saya sependapat Perda penerapan Perda kekerasan perempuan dan anak lebih ketat sosialisasinya, ”singkat Rospita.

(gus/C)

The post Tator Darurat Bunuh Diri appeared first on Berita Kota Makassar.

source