Tarian Kolosal dan Rektor Baca Puisi di Dies Natalis Unhas
axel wiryanto
Monday, 09 September 2024 11:12 am
dibaca 21 kali

MAKASSAR, BKM — Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Jamaluddin Jompa membacakan pusisi berjudul Kapal Merah di atas miniatur kapal pinisi pada pengujung tarian kolosal. Puisi yang menyiratkan semangat Unhas untuk terus melaju menuju World Class University (WCU) ini diperdengarkan di Lapangan Panahan Unhas, Minggu (8/9) sebagai rangkaian peringatan Dies Natalis Unhas ke-68.

Jalan santai (fun walk) yang dihelat rutin tiap dies natalis diikuti ribuan civitas akademika Unhas dan alumni. Titik awal jalan santai di depan tugu pinisi Unhas di persimpangan PKM dan Gedung Rektorat, kemudian terus memutar mengikuti jalan lingkar kampus, lalu masuk garis finish melalui jalan masuk bekas fakultas Teknik dan berakhir di lapangan panahan.

Selain jalan santai, juga tarian kolosal “Pakareso” (pekerja keras) yang dibawakan 200-an penari, ditambah 50 pemusik persembahan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX bekerja sama Unhas. Acara ini kian meriah dengan hadirnya Lima Band yang menghibur di sela-sela rangkaian acara.
Di pengujung acara, puluhan doorprize dibacakan MC persembahan sponsor mitra Unhas seperti BNI, BRI, BSI, Bank Mandiri, PT. Vale dan dari alumni berbagai fakultas menambah maraknya acara. Riuh suara tepuk tangan mewarnai ketika pemenang doorprize berlarian ke atas panggung menerima hadiahnya.

Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa dalam sambutannya pertama-tama menyampaikan selamat kepada seluruh civitas akademika yang turut merayakan Dies Natalis Unhas ke-68, dan menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah menghelat sejumlah rangkaian acara dies natalis dengan baik.

Prof JJ juga menekankan pentingnya kolaborasi dan kerja sama berkelanjutan untuk memperkuat institusi. Juga agar segenap sivitas akademika terus memupuk dan menjaga silaturahmi.
“Silaturahmi keluarga besar Unhas harus kita jaga, saling menyemangati, dan mengingatkan satu sama lain,” ujarnya.

Turut hadir Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, Ketua MWA Unhas Prof Dr A Alimuddin Unde, Ketua Senat Akademik Unhas Prof Dr drg. Bahruddin Talib, Ketua Dewan Guru Besar Prof Dr A Pangerang Moenta, para wakil rektor, para dekan dan wakil dekan se-Unhas, Direktur PT Hadin Metavisi Akademika Dr. La Tunreng, dan sejumlah mitra Unhas.

Ketua Panitia Dies Natalis Prof Dr Akin Duli dalam laporannya menyampaikan sejumlah acara yang merupakan rangkaian Dies Natalis Unhas. Ia juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras panitia dan bantuan dan kerja sama dari mitra dan sponsor sehingga seluruh rangkaian acara Dies Natalis ke-68 Unhas ini dapat berjalan dengan baik. (rls)

source