Suhartina Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah
axel wiryanto
Saturday, 05 November 2022 02:56 am
dibaca 300 kali

MAROS, BKM — Wakil Bupati (Wabup) Maros, Suhartina Bohari, berkesempatan menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros, Kamis (3/11). Tema yang diangkat pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H kali ini yaitu ‘Refleksi Maulid Nabi dalam Merawat Kebhinekaan’.
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Maros, Abd Hafid M Talla, mengungkapkan, tema tersebut sejalan dengan program Kemenag dalam menyatukan keberagaman antar organisasi keagamaan.

”Jika dikaitkan dengan Surah Al Hujarat ayat 13, Allah SWT menegaskan, jika suluruh umat manusia adalah satu keturunan.

Mereka semua berasal dari nenek moyang yang sama yakni Adam dan Hawa, disini Allah sudah memerintahkan untuk merawat kebhinekaan,” ungkapnya.
Menurutnya, perayaan peringatan Maulid menjadi ajang merefleksikan nilai-nilai Maulid dalam kehidupan sehari-hari. Cukup melakukan yang terbaik, sebab agama adalah keyakinan sedangkan surga adalah hak prerogatif Allah Swt.
”Makanya, saya membuka-buka nilai perjuangan Nabi, ternyata Nabi dalam bergerak tidak pernah melukai perasaan orang-orang non muslim. Tidak ada perbedaaan kasta. Semua umat manusia akan sama dan setara di sisi Allah Swt,” tuturnya
Secara garis besar, Hafid menyimpulkan, dengan meneladani sikap Rasulullah maka bisa merawat kebhinekaan. Semakin luas hubungan sesama umat, semakin lebar jalan menuju surga.

Sepaham dengan Hafid, Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari, mengungkapkan, meski berat meneladani sikap-sikap Rasulullah, tetapi dengan menerapkannya selalu ada dampak positif yang akan diperoleh.
”Berbagai macam sikap, sifat, budaya, masyarakat di Kabupaten Maros menggambarkan kita harus berkolaborasi.

Di Pemerintahan pun seperti itu, hal yang bisa memajukan Kabupaten Maros adalah kerjasama,” sebutnya.
Sebagai wakil bupati, kata Suhartina, pihaknya diberi kepercayaan untuk mengurus berbagai hal terkait keagamaan. Termasuk di antaranya beberapa kebijakan tentang Perda Pondok Pesantren.

The post Suhartina Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah appeared first on Berita Kota Makassar.

source