Sudah Tepat Tokoh Sulsel Berdiaspora ke Capres
axel wiryanto
Monday, 12 December 2022 14:48 pm
dibaca 385 kali

MAKASSAR, BKM — Kedatangan calon presiden yang diusung Partai Nasdem Anies Rasyid Baswedan ke Sulawesi Selatan tak hanya melakukan perkenalan dan sosialisasi, namun juga mendekati sejumlah tokoh dari kawasan timur Indonesia.

Pada kunjungannya ke Kota Makassar, Sabtu (10/12) hingga Minggu (11/12), Anies telah bertemu dengan sejumlah tokoh. Mulai mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, para guru besar di UMI dan Unhas, hingga pimpinan tiga partai politik masing-masing, Nasdem, Demokrat dan PKS.
Andi Amran Sulaiman bahkan menjamu Anies bersama ratusan anggota relawan calon presiden di lokasi empang miliknya. Apakah pertemuan kedua tokoh itu dapat dihubungkan dengan sebuah komunikasi khusus sebagai salah satu kandidat wakil presiden bagi Anies?
Menurut pengamat politik dari Unismuh Makassar Luhur A Prianto, tokoh politik Sulsel lebih baik berpikir dan bertindak strategis. Caranya sudah betul, dengan berdiaspora membangun dukungan pada semua capres. Realitas politik saat ini tidak cukup menguntungkan untuk mendorong tokoh Sulsel menjadi cawapres. Apa boleh buat, level ketokohan mereka belum menyamai Jusuf Kalla (JK).

“Dengan posisi berdiaspora pada kandidat, akomodasi politik pascapilpres 2024 tetap terbuka untuk tokoh Sulsel. Siapapun pasangan capres-cawapres yang jadi pemenangnya. Kunjungan Anies sendiri, seperti kunjungan-kunjungan sebelumnya tentu untuk membangun engagment (komunikasi dua arah) dengan pemilih Sulsel. Dukungan simbolik partai Nasdem tentu berpengaruh pada penerimaan Anies di Sulsel,” jelas Luhur A Prianto, Minggu (11/12).
Pengamat komunikasi politik dari UIN Alauddin Dr Fridaus Muhammad menilai jika kehadiran Anies untuk sosialisasi diri sebagai capres. Bisa saja juga menjajaki putra Sulsel sebagai pendamping. Misalnya membidik Andi Amran Sulaiaman. “Tapi tentu itu proses panjang, karena butuh penguatan partai. Tugas Anies sekarang membangun koalisi lintas partai,” terang Firdaus yang dihubungi, kemarin.

The post Sudah Tepat Tokoh Sulsel Berdiaspora ke Capres appeared first on Berita Kota Makassar.

source