Suardi Lepas 181 CJH Barru
axel wiryanto
Monday, 15 May 2023 15:13 pm
dibaca 131 kali

BARRU, BKM — Bupati Barru Suardi Saleh membuka bimbingan manasik haji di Lantai 6 MPP Kantor Bupati Barru, Jumat (12/5). Ada 181 calon jamaah haji asal Kabupaten Barru telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji dan mengikuti manasik. Suardi berpesan kepada para CJH agar meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar.

Kepada para jamaah menjaga kesehatan dan kalau perlu rutin berolahraga. Kemudian juga para jamaah jaga sikap dan prilaku. Sementara Anggota Komisii VIII DPR RI Samsu Niang menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Barru yang hari ini hadir membersamai kami.
“Saya kagum kepada beliau karena tempat pelaksanaan bimbingan manasik ini tempatnya sangat bagus dan nyaman,” ujarnya
Samsu Niang menyampaikan maksud kehadirannya untuk memastikan tugas selaku fungsi pengawasan dan legislasi.

Terkait pula dana haji yang diturunkan di Sulsel apa sudah dimanfaatkan dengan baik. Jika berbicara masalah haji maka Komisi VIII DPR RI sudah melakukan rapat dengan Kementerian Agama terutama yang berkaitan dengan penerbangan.
Komisi VIII melakukan komunikasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi menyangkut perjalanan, hotel, makan dan berbagai kegiatan di tanah suci,ujarnya

“Insha Allah Komisi VIII terus mengawal proses pelaksanan ibadah haji untuk memberi rasa nyaman bagi jamaah,”jelasnya.
Kepala Kemenag Kabupaten Barru H Jamaruddin melaporkan manasik tingkat Kabupaten Barru dua hari di MPP Barru. Sedangkan manasik tingkat kecamatan dilaksanakan selama 8 hari di empat titik.
Terlaksananya kegiatan ini dengan berpedoman dasar pelaksanaan UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (Lembaran Negara RI Tahun 2019 Nomor 75, Tambahan Lemabaran Negara RI Nomor 6638);
Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembiayaan dan Penggunaan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji, sebut Jamaruddin
Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Nomor 146 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembimbingan Jemaah Haji Reguler Tingkat Kab/Kota dan Kecamatan Tahun 1444 H/2023 M.

“Maksud dan tujuan untuk meningkatkan ketahanan dan kemandirian jemaah haji, dalam menunaikan ibadah haji sesuai dengan syariat Islam dan ketentuan peraturan yang berlaku. Meningkatkan Penyelenggaraan Manasik Haji bagi Jemaah Haji Reguler Tahun 1444 H/2023 M secara terencana, sistematis, terukur dan terstruktur,” ucap Jamaruddin.
Jumlah peserta CJH Kabupaten Barru Tahun 2023 yang mengikuti bimbingan manasik yaitu sebanyak 181 Orang dengan rincian Kuota/porsi Haji Kabupaten Barru Tahun 2023 adalah 162 Porsi (berdasarkan No. Urut porsi) dan yang telah melakukan pelunasan sebanyak 160 orang.

(2 orang yang tidak melakukan pelunasan menunda karena sakit). (udi/C)

The post Suardi Lepas 181 CJH Barru appeared first on Berita Kota Makassar.

source