SPAM Senilai Rp937 Juta untuk Suplai Air Bersih
axel wiryanto
Friday, 18 October 2024 19:50 pm
dibaca 5 kali

MAKASSAR, BKM–Pejabat Sementara Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kelurahan Panampu Kecamatan Tallo, Kamis (17/10).Proyek senilai Rp937.289.756 itu mampu menyuplai air bersih ke 110 sambungan rumah (SR).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Andi Arwin Azis mengatakan SPAM ini dibuat dengan melakukan pengeboran sumur dalam dan pemasangan pompa submersible. Air selanjutnya disimpan dalam reservoar kapasitas 12 meterkubik lalu didisitribusikan ke sambungan-sambungan rumah.

Sebagai pengelola SPAM, kata wanita yang akrab disapa Helsy ini, perlu dibentuk Kelompok Pengelola Sarana dan Prasarana Air Minum (KPSPAM).
“Tugasnya untuk pengelolaan dan pemeliharaan sarana agar dapat berfungsi secara berkelanjutan.

“Pembangunan SPAM ini merupakan langkah strategis yang diambil Pemkot Makassar untuk memastikan kebutuhan dasar air bersih bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik,” ungkap Helsy disela-sela peresmian SPAM.
Dia menambahkan, jumlah sarana air bersih yang telah terbangun sejak 2007 sampai 2024 sebanyak 136 titik yang tersebar di seluruh Kota Makassar. Dengan capaian akses yang sudah terlayani air bersih baik dari PDAM maupun dari Dinas PU sebanyak 74,34 persen dari jumlah penduduk.

Sementara itu, Pj Wali Kota Makassar, Andi Arwin Azis mengatakan hadirnya SPAM dengan sistem perpipaan ini menjawab kebutuhan masyarakat di utara kota yang selama ini dilanda krisis air bersih.
“Saya sebagai Pjs Wali Kota Makassar mendorong perangkat daerah dalam hal ini Dinas PU, untuk senantiasa menghadirkan program program seperti ini secara konsisten dan berkelanjutan di tahun tahun anggaran berikutnya,” kata Arwin.

Harapannya, secara bertahap masyarakat di utara kota mampu mendapatkan air bersih dengan mudah karena merupakan kebutuhan dasar bagi setiap warga masyarakat.

(rhm)

source