Siaga Pengawasan Untuk Mengawal Pemilu
axel wiryanto
Friday, 17 February 2023 13:25 pm
dibaca 174 kali

SOPPENG, BKM–Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Soppeng telah menggelar kegiatan Siaga Pengawasan dengan tema Satu Tahun Menuju Pemilu 2024. Kegiatan yang dilakukan di Kantor Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata, Selasa (14/2).

Ketua Bawaslu Soppeng Winardi mengatakan, Siaga Pengawasan ini sebagai bentuk komitmen dalam mengawasi dan mengawal penyelenggaraan Pemilu 2024.
Dalam rangkaian kegiatan tersebut Bawaslu Soppeng melaksanakan sejumlah agenda antara lain Soft launching komunitas digital pengawasan partisipatif Jarimu Awasi Pemilu, kemudian Launching Posko Kawal Hak Pilih dan Deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas.

Kegiatan ini juga melibatkan Panwaslu Kecamatan dan PPKD se-Kabupaten Soppeng dan insan pers.
“Saya berharap agar momentum ini mengingatkan akan peranan Bawaslu dengan masyarakat dan stakeholder untuk bersama-sama berkolaborasi melakukan pengawasan secara bersama-sama”katanya.

Winardi menambahkan jika kegiatan ini juga dilakukan secara seluruh Indonesia, dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota, seiring harapan agar kolaborasi pengawasan bersama ini bisa terus ditingkatkan.

Sementara itu Bupati Soppeng yang diwakili Staf Ahli Hukum Politik H Azis Makmur mengatakan pelaksanaan kegiatan merupakan momentum dan merupakan proses yang harus dilalui sebagai wujud kelengkapan dalam demokrasi.

“Pemilu merupakan sebuah sistem norma dalam proses hak dalam menentukan pilihan berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi transparan serta bertanggung jawab berdasarkan perundang-undangan yang berlaku,”ujar Azis Makmur.
Untuk itu, atas nama pemerintah daerah dirinya berharap kepada seluruh penyelenggara pemilihan umum bekerja dengan penuh profesional proaktif responsif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta tetap menjalin sinergitas menciptakan hubungan kerja yang kondusif sesama anggota Panwaslu, lembaga pemerintah, unsur keamanan TNI polri maupun masyarakat luas.

The post Siaga Pengawasan Untuk Mengawal Pemilu appeared first on Berita Kota Makassar.

source