Sewa Kamera untuk Foto Model, Dibayar Terima Kasih
axel wiryanto
Monday, 10 October 2022 04:13 am
dibaca 241 kali

USIANYA masih terbilang muda, 26 tahun. Siapa sangka, pria kelahiran 6 April 1996 ini adalah seorang owner sebuah usaha dengan branding YC Group, singkatan dari Young Creative. Tak hanya satu jenis usaha yang dikelola, tapi ada beberapa.

NAMA lengkapnya Surya Darmawan. Akrab disapa Uya. Ia menjadi tamu siniar untuk kanal Youtube Berita Kota Makassar. Kisahnya mengalir dari mulai merintis usaha hingga bisa seperti sekarang, dengan memiliki YC Entertainment, YC Musik, YC Film, YC Photo Studio, YC Store, dan YC Creative Cafe.
Uya sudah mandiri sejak dari kecil. Di usianya yang masih enam tahun ia sudah ditinggal oleh ayahnya. Dirinya kemudian dibesarkan sang ibu seorang diri. Sehingga untuk menjadi orang kaya, menurutnya sangat susah. Walau begitu, ia mampu menyelesaikan pendidikan hingga jenjang strata dua (S-2).
”Saya ingin keturunan saya tidak merasakan apa yang saya rasakan. Untuk itu saya harus melakukan dan menciptakan sesuatu hal yang berbeda,” ujarnya.
Uya kecil awalnya bercita-cita ingin menjadi pemain bola. Mimpi itu disimpannya hingga duduk di bangku SMA. Sampai akhirnya pada tahun 2013 ia dan timnya menjadi runner up pada event Keker Futsal League (KFL) yang dilaksanakan Harian Fajar.

Namun, setamat SMA impian untuk menjadi pesepakbola andal kemudian ia kubur dalam-dalam. Di benaknya kala itu, bila di usia 17 tahun masih bermain bola di Makassar tidak akan berkembang dan tak bisa mendapatkan penghasilan. Menurutnya, di usia tersebut ia mestinya sudah di Jakarta jika hendak menjadi pemain bola profesional.
”Umurku sudah lewat. Bermain bola menjadi sekadar hobi. Akhirnya saya kemudian berpikir apa yang mesti saya lakukan selanjutnya. Tercetuslah sesuatu ketika kuliah, walau berbeda dengan latar belakang pendidikan saya yang jurusan keuangan,” ungkap Uya.
Sebenarnya, menurut Uya, awalnya ia hendak melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan olahraga. Hanya saja tidak lulus ketika mendaftar di sebuah perguruan tinggi negari. Akhirnya dia pun masuk ke perguruan tinggi swasta, tepatnya di Fajar Nitro.
”Waktu itu ada yang berbeda dan berubah pada diri saya. Karena harus kuliah di dalam ruangan yang saya sendiri laki-laki. Yang lainnya perempuan, sehingga menjadi paling gagah dalam kelas. Untuk jurusan keuangan perbankan di sana memang kebanyakan wanitanya,” terang Uya.
Ia menyebut, Nitro ketika dirinya masuk kuliah di tahun 2013, dikenal dengan lulusan terbaik di bidang entertaint. Salah satunya di bidang model. Mereka kerap menempati posisi juara dalam ajang pemilihan duta di Makassar. Akhirnya, Uya pun berkawan dengan banyak model waktu itu.
Insting untuk berusaha kemudian muncul. Menurutnya, harus ada sesuatu yang bisa menghubungkan dirinya dengan para model yang ada di kampusnya. Fotografer menjadi pilihan, karena bisa berjalan beriringan dengan model.

The post Sewa Kamera untuk Foto Model, Dibayar Terima Kasih appeared first on Berita Kota Makassar.

source