Site icon ROVINDO

Sektor Pendidikan Dikucur Anggaran 35,8 Persen

BARRU, BKM — Pemkab Barru mengalokasikan anggaran disektor pendidikan sebesar 35,8 persen.
Alokasi anggaran sebesar itu sebagai bukti jika Pemkab sangat memperhatikan sektor Pendidikan dan hal ini telah tercatat dalam postur APBD tahun 2023.

“Di APBD 2023, Pemkab mengalokasikan anggaran 35,8 persen untuk sektor pendidikan dan 15 persen untuk Sektor Kesehatan. Hal ini merupakan upaya dan perhatian pemerintah dalam membangun SDM di Kabupaten Barru,” ujar Suardi usai melepas peserta gerak jalan sehat menyambut Hari Guru Nasional (HGN) 2023 yang digelar Dinas Pendidikan Barru, Sabtu (16/12).

Ditambahkan Suardi untuk mengetahui program prioritas suatu daerah terhadap satu sektor adalah dengan melihat APBD-nya, Sesuai Undang-Undang bahwa APBD, APBN minimal mengalokasikan anggaran 20 persen untuk sektor pendidikan dan sektor kesehatan 15 persen.
Dia mengingatkan dengan proporsi anggaran ini, tentu harus diikuti dengan tanggung jawab. Jangan sampai tidak terjadi keseimbangan antara besarnya alokasi anggaran dengan output apalagi outcome.

“Dari anggaran sebesar ini, kita harap gurunya hebat kemudian dari guru yang hebat akan melahirkan anak didik yang cerdas dan berprestasi,”harapnya.
Saat melepas peserta jalan sehat, Suardi mengapresiasi pelaksanaan jalan santai yang merupakan bagian dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HGN tahun 2023.
“Luar Biasa perhatian Kadis Pendidikan, jalan sehat ini betul-betul terasa nuansanya dari guru oleh guru untuk guru, semua berbaurjadi satu,” ujar Suardi.
Kadis Pendidikan Barru A Adnan Azis mengatakan usai jalan sehat, kegiatan dilanjutkan dengan pengundian doorprize dan hadiah utama. Dari hasil undian, Hj Munirah, Kepala UPT SDN 91 Barru beruntung mendapatkan hadiah undian umrah.
“Alhamdulillah, secara keseluruhan seluruh rangkaian kegiatan jalan sehat berjalan sukses dan lancar. Hal ini tidak terlepas dari dukungan penuh Bapak Bupati Barru dan kerjasama semua pemangku kepentingan,” ucap Adnan.

Dijelaskan Adnan alokasi anggaran sebesar 35,8 persen merupakan itikad baik dari Pemkab demi peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Barru. Dia berharap ribuan guru yang mengikuti Jalan Sehat HGN 2023 bisa terus berkomitmen menjaga dan mendorong meningkatknya kualitas pendidikan.
”Jalan Sehat mengambil titik star di halaman Kantor Bupati Barru dan finis di Kantor Dinas Pendidikan Barru, Bupati Barru bersama sekitar 2.400-an Guru dan Tenaga Pendidik dengan penuh semangat mengikuti jalan sehat tersebut,” tandasnya.
Hadir dalam kegiatan ini Wakapolres, Pabung Dandim 1405 Parepare, Kajari Barru, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekda Barru Dr. Abustan M. Si, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan A.Adnan Azis S.STP.M.Si. Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD,Ketua Dewan Pendidikan Kab.Barru. , Para Pengawas TK/PAUD,SD,SMP dan SMA, Para Kepala UPT SD, SMP, Para guru dan tenaga pendidik,Kepala BPJS Enrekang,Pemerhati Pendidikan Teguh Iswara Suardi dan undangan lainnya. (udi/C)

source

Exit mobile version