Sebelum Gantung Diri, Maba Unhas Keliling Rumah Tengah Malam
axel wiryanto
Wednesday, 16 November 2022 03:04 am
dibaca 215 kali

MAKASSAR, BKM — Senin dini hari (14/11). Jarum jam menunjuk pukul 01.00 Wita. Suasana yang biasanya sepi di Kompleks BTN Rezky, Jalan Biring Romang, Lorong 8 Kelurahan Kapasa, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar berubah menjadi ramai.
Di sebuah rumah kosong bernomor A1 Nomor 9 dalam kompleks tersebut baru saja ditemukan sesosok jasad wanita muda dengan posisi tergantung. Belakangan diketahui korban berinisial FR. Usianya 19 tahun. Seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.
Saat ditemukan, tubuh korban menggantung pada sebuah balok kayu yang melintas di atas kamar mandi di rumah kosong tersebut. Pintu kamar mandi yang terbuat dari kayu terlihat sudah rusak. Kabel berwarna hitam berukuran besar dililitkan beberapa kali pada balok itu. Selanjutnya korban gantung diri di kabel tersebut.
Di bagian mulutnya tampak handuk kecil berwarna coklat tua. Korban mengenakan baju kaus warna merah, dipadu celana pendek sebetis motif hitam dan putih. Rambut hitamnya diikat ke belakang. Sebagian kakinya tampak menyentuh lantai kamar mandi.
Korban pertama kali ditemukan oleh beberapa beberapa rekannya. Selanjutnya dilaporkan ke Bhabinkamtibmas setempat. Tak lama berselang, aparat kepolisian dari Polsek Tamalanrea tiba di lokasi kejadian.

Dugaan sementara, korban yang merupakan mahasiswa baru (maba) nekat mengakhiri hidupnya karena stres dengan banyaknya tugas kuliah di kampus. Pihak keluarga menyebut kalau FR belakangan ini kerap mengeluh, merasa tertekan karena kesulitan menghadapi dan mengerjakan tugas-tugas kuliahnya di FIB Unhas.
Kanit Reskrim Polsek Tamalanrea Iptu Nurtjahyana, mengatakan pihak keluarga pertama kali melaporkan kejadian tersebut ke Bhabinkamtibmas pada pukul 00.00 Wita, Senin dini hari. Diperkirakan FR menjemput ajal pada pukul 23.00 Wita.
Dijelaskan Iptu Nurtjahyana, berdasarkan keterangan saksi yang ada di sekitar TKP, sebelum kejadian korban terlihat mengelilingi rumahnya pada pukul 22.00 Wita. Kuat dugaan ia sementara mencari tempat untuk bunuh diri.
”Setelah kami datang dan melakukan olah TKP serta identifikasi lebih lanjut, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban,” ujar Iptu Nurtjahyana, kemarin.
Dihubungi terpisah, Kasi Humas Polrestabes Makassar AKP Lando menjelaskan, berdasarkan laporan dari Polsek Tamalanrea, telah diperiksaa beberapa saksi terkait peristiwa ini. Salah satunya Wesly, teman korban yang berusia 18 tahun.
Menurut Wesly, pada pukul 19.20 Wita ia melihat kunci pagar dan kunci pintu rumah korban tergeletak di atas kursi. Ia lalu mencari keberadaan korban, sekaligus menghubungi teman-teman kuliahnya.

The post Sebelum Gantung Diri, Maba Unhas Keliling Rumah Tengah Malam appeared first on Berita Kota Makassar.

source