Site icon ROVINDO

Satu Hektare Lahan di Barombong Dilalap Api

GOWA, BKM — Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Kebakaran lahan tepatnya terjadi atas lahan milik warga bernama Hidayatullah Dg Ngemba di Dusun Tompo Balang, Desa Moncobalang, pada Senin malam (30/9) sekitar pukul 20.03 Wita.
Kejadian kebakaran ini dilaporkan Sekretaris Desa Moncobalang, Syaiful Fahmi kepada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Gowa serta Polsek Barombong dan pemerintah kecamatan.
Kurang lebih dua jam, api bertahan dan merambat hingga membakar lahan seluas 1 hektare (Ha).

Dalam kebakaran lahan ini, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Gowa mengerahkan satu unit armada Damkar. Mobil penyemprot Disdamkar tiba di lokasi pada pukul 20.29 Wita dan baru berhasil memadamkan rambatan api sekitar pukul 22.00 Wita.

Kadis Damkar Gowa, Rostam Razak, Selasa pagi (1/10) mengatakan, kebakaran lahan ini terjadi di atas lahan milik seorang warga di kampung tersebut. Kondisi lahan adalah semak dan tanaman liar. Jaraknya dari permukiman cukup dekat.

”Karena itu dilakukan pemadaman intensif agar api tidak menjalar lebar. Kurang lebih satu hektare lahan terbakar kemarin malam. Karena telah terjadi lagi kebakaran lahan maka kami ingatkan kembali kepada masyarakat agar berhati-hati di musim kemarau panjang ini,” katanya.
Ditambahkan, suhu panas cukup tinggi. Sehingga kekeringan sangat rentang dengan kebakaran. Jangan buang puntung rokok yang masih punya bara sembarangan.
”Matikan dulu baru buang. Begitu juga kalau masak, jaga. Listrik juga rentan korslet. Karena itu selalu lah waspada,” kata Rostam.

Tim Damkar yang dikerahkan sebanyak tujuh orang Pleton A dipimpin Danru Mursalim. Tim Damkar bekerja memadamkan api hingga dua jam lebih.
Pemilik lahan Hidayatullah Dg Ngemba mengatakan pada malam kejadian dirinya melihat kobaran api dan kumpulan asap. Melihat itu, dia langsung menginformasikan ke warga untuk bergegas ke lokasi untuk melakukan pemadaman awal.

Api baru bisa diatasi setelah armada Damkar tiba dilokasi dan langsung beraksi menyemprotkan air hingga api padam betul. (sar)

source

Exit mobile version